Saat Menjabat Sebagai Presiden, Megawati Pernah Daratkan Hercules A-1341 pada Penerbangan dari Bali ke Madiun

Senin, 24 Januari 2022 | 11:21 WIB
google google

RIAU24.COM -  Mantan pilot pesawat kepresidenan, Agus Sudarya punya pengalaman tak terlupakan dengan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri.

Agus menceritakan kan saat perjalanan dari Bali ke Madiun, Megawati menjadi co-pilot dan mendaratkan pesawat Hercules yang ditumpangi. Tentu momen tersebut membekas dan menjadi sejarah tidak terlupakan bagi Agus.

"Beliau menerbangkan pesawat Hercules pada saat kegiatan di Bali. Jadi dari Jakarta ke Bali, kemudian keesokan harinya ke Madiun," kata Agus dalam diskusi virtual perayaan HUT Megawati, Minggu (23/1).

“Pada saat itu, Ibu (Megawati) naik di kokpit, di ketinggian 1.500 (kaki) Ibu menepuk tangan kanan saya, terus bilang 'Mas, boleh enggak saya duduk di tempat duduk sebelah kanan kopilot'?” cerita Agus.

Baca Juga: Profil 3 Provinsi Terbaru di Papua, Ada yang Berbatasan Langsung dengan Papua Nugini

Dalam penerbangan itu, ujar Agus, Megawati dibantu oleh navigator Mayor Yoyo dan oleh Mayor Indra Jaya sebagai kopilot. Keduanya bertugas melakukan komunikasi dengan Air Traffic Control (ATC) dari Bali untuk berkoordinasi soal rute penerbangan ke Madiun.

Megawati sendiri yang bahkan berkomunikasi dengan pihak ATC pada saat pesawat berada di ketinggian 7.000 feet.

"Beliau kontak Bali control, 'Bali control this is A-1341', 'go ahead'," ucap Agus.

Menurut Agus, dalam komunikasi itu, sejumlah maskapai penerbangan yang berada di sekitar Bali mendengar komunikasi Megawati dengan otoritas penerbangan tersebut. Awalnya, ujar dia, mereka tidak mengetahui yang berbicara adalah presiden Republik Indonesia.

Setelah Megawati berkomunikasi dengan otoritas penerbangan, seluruh maskapai kemudian menyadari bahwa yang berbicara dari Hercules A-1341 adalah presiden RI.

Tidak berhenti sampai di situ, Megawati juga mendaratkan Hercules yang ia tumpangi dengan selamat.

"Di ketinggian 16.000, saya pikir ibu mau pindah seat mau diisi lagi oleh co-pilot. Ternyata sampai pesawat lifting contact Madiun approach dan contact Wahyudi Tower ibu sampai landing, dan ibu melandingkan pesawat. Itulah dalam diri saya kebanggaan yang sangat tinggi, karena beliau sebagai pemimpin Indonesia bisa tapi bisa menerbangkan pesawat cukup besar," tutur dia.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang ke-35 Resmi Dibuka, Berikut Link Pendaftarannya

Meski demikian, Agus mengaku stres saat Megawati menjadi co-pilot, sebab saat itu dia merupakan pemimpin negara.

"Ini gunung apa, gunung Semeru saya jawab. Ini pulau apa, pulau Madura, Ibu bertanya terus. Tapi sebenarnya saya stres karena yang duduk di sebelah kanan ini adalah pemimpin negara saat itu, juga membawa lima menteri. Jadi deg-degan itu tidak terlupakan," beber Agus.

Menurut Agus, dia juga mendapat teguran dari seniornya yang mengetahui bahwa Megawati ikut menerbangkan Hercules tersebut. Seniornya itu, kata dia, mengingatkan agar berhati-hati untuk menyelesaikan penerbangan dengan baik karena membawa orang nomor satu di Indonesia.

PenulisR24/riz


Loading...

Loading...