Badai Salju Besar Menutup Bandara Tersibuk Eropa Di Istanbul, Jalan Raya Berubah Menjadi Tempat Parkir

Selasa, 25 Januari 2022 | 15:39 WIB
Foto : India.com Foto : India.com

RIAU24.COM - Bandara tersibuk Eropa ditutup di Istanbul ditutup sementara sekolah dan pusat vaksinasi ditutup di Athena karena badai salju yang jarang menyelimuti sebagian besar Mediterania timur , menyebabkan pemadaman dan kekacauan lalu lintas.

Penutupan Bandara Istanbul- di mana atap salah satu terminal kargo runtuh di bawah salju tebal, tidak menyebabkan cedera - penerbangan membumi membentang dari Timur Tengah dan Afrika ke Eropa dan Asia. Menurut sebuah laporan oleh AFP, penutupan pertama struktur kaca dan baja sejak menggantikan Bandara Ataturk lama Istanbul sebagai hub baru untuk Turkish Airlines pada 2019.

Baca Juga: Adele Menghentikan Pertunjukan Publik Pertamanya Sebanyak 4 Kali Karena Hal Ini

Salju pertama musim dingin menciptakan suasana yang menyenangkan di seluruh alun-alun masjid kuno Istanbul, tempat anak-anak membuat manusia salju dan turis berpose untuk selfie .

bandara istanbul

Tapi itu terbukti sangat memusingkan bagi 16 juta penduduk kota terbesar di Turki, di mana mobil-mobil saling bertabrakan menuruni jalanan curam yang tertutup hujan es dan jalan raya berubah menjadi tempat parkir.

Kantor gubernur Istanbul memperingatkan pengemudi bahwa mereka tidak akan dapat memasuki kota dari Thrace - wilayah yang membentang di bagian Eropa Turki hingga perbatasan barat dengan Bulgaria dan Yunani.

Pusat perbelanjaan, layanan pengiriman makanan tutup

Pusat perbelanjaan tutup lebih awal, layanan pengiriman makanan ditutup dan kios bagel "simit" yang ikonik di kota itu kosong karena pemasok tidak dapat melewati salju.

Badai memblokir jalan-jalan di Turki tengah dan tenggara sebelum menyeberang ke negara tetangga Suriah, di mana ia menumpuk lebih banyak kesengsaraan di kamp-kamp pengungsi utara negara yang dilanda perang itu.

Bandara Istanbul melayani lebih dari 37 juta penumpang tahun lalu, menjadi salah satu hub udara terpenting di dunia.

Namun kritik terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan telah lama mempertanyakan keputusannya untuk menempatkan bandara di daerah terpencil di sepanjang pantai Laut Hitam yang sering tertutup kabut di musim dingin.

Baca Juga: Fakta Menarik yang Tak Diketahui Banyak Orang Tentang Freddie Mercury

'Semuanya beku'

Sebagian besar lembaga utama Turki tetap buka. Namun di Yunani, di mana suhu semalam anjlok hingga -14 derajat Celcius (6,8 derajat Fahrenheit), badai itu menghentikan sesi parlemen dan memaksa sekolah dan pusat vaksinasi ditutup di Athena.

salju athena

Ratusan pengendara terjebak di dalam mobil di sekitar ibu kota -- banyak dari mereka melampiaskan kemarahan mereka di stasiun TV -- meskipun ada upaya polisi untuk menutup titik masuk jalan raya di utara kota.

"Istri saya tidak makan apa-apa sejak pagi. Kami memiliki sebotol kecil air di antara kami," seorang pengemudi yang mengidentifikasi dirinya hanya sebagai Christos mengatakan kepada Star TV swasta.

"Semuanya membeku kaku."

Cuaca dingin dengan suhu di bawah nol derajat dan angin kencang terakhir melanda Athena pada Februari 2021, menewaskan empat orang di pulau Evia dan Kreta dan menyebabkan puluhan ribu rumah tanpa listrik selama berhari-hari.

Kostas Lagouvardos, direktur penelitian di Observatorium Nasional Athena, mengatakan kepada ANT1 TV bahwa ibu kota tidak pernah mengalami musim dingin seperti ini sejak 1968. Tidak seperti biasanya, salju turun di beberapa pulau di Laut Aegea, mengisolasi beberapa desa pegunungan di Andros, Naxos, dan Tinos, dan menutupi pantai di Mykonos, di musim panas sebuah pulau pesta.

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...