Banjir di Malaysia Menyebabkan Kerugian Hampir USD 2 Miliar

Sabtu, 29 Januari 2022 | 08:27 WIB
Foto : AsiaOne Foto : AsiaOne

RIAU24.COM - Banjir yang telah menghancurkan sebagian besar Malaysia dalam beberapa pekan terakhir telah menyebabkan kerugian keseluruhan sekitar RM6,1 miliar (S$2 miliar), sebuah laporan pemerintah mengatakan pada Jumat (28 Januari).

Puluhan orang tewas sementara lebih dari 120.000 orang mengungsi setelah hujan lebat yang tidak biasa menyebabkan banjir parah di beberapa negara bagian pada pertengahan Desember dan awal Januari.

Baca Juga: WHO Sebut Kasus Monkeypox Diperkirakan Meningkat Secara Global

Dalam laporan khusus tentang dampak banjir, Departemen Statistik mengatakan kerusakan aset publik dan infrastruktur menyebabkan kerugian RM2 miliar, diikuti oleh RM1,6 miliar kerusakan rumah.

Kerugian manufaktur mencapai RM900 juta, yang sebagian besar tercatat di negara bagian Selangor, salah satu daerah terkaya dan terpadat di sekitar ibu kota Kuala Lumpur.

Selangor juga yang paling terpukul secara keseluruhan, dengan sekitar setengah dari kerugian Malaysia tercatat di negara bagian itu, kata laporan itu.

Baca Juga: Wanita Ini Diejek setelah Sebut Boneka Barbie Sebarkan Satanisme dan Bikin Anak-anak Kerasukan

Departemen juga melaporkan kerusakan parah pada kendaraan, tempat usaha dan sektor pertanian. Pemerintah Malaysia sebelumnya mengatakan akan memberikan sekitar RM1,4 miliar ringgit dalam bentuk bantuan tunai dan bentuk bantuan lainnya kepada mereka yang terkena dampak banjir.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...