Pernah Terpikir Nggak Kenapa di RSJ Kebanyakan Pasien Laki-laki? Ternyata Ini Alasannya

Rabu, 13 April 2022 | 09:04 WIB
google google

RIAU24.COM -  Cobalah Anda sempatkan diri untuk berkunjung ke rumah sakit jiwa. Mungkin Anda akan menemukan sebuah fakta unik bila nyatanya kuantitas keberadaan pasien pria lebih banyak dari wanita.

Padahal World Health Organization (WHO) pernah mengungkapkan bila sebenarnya wanita lebih rentan terkena gejala stres yang berujung pada depresi daripada pria. Soalnya ada perbedaan biologis antara pria dan wanita seperti hormon. Selain itu perbedaan faktor sosial juga memainkan peran besar.

Namun seperti dikutip dari Medical Daily bila wanita memiliki lebih banyak hormon estrogen yang dapat memproteksi diri dari gangguan kejiwaan. Sehingga meskipun rentan terkena gejala stres namun wanita cenderung dapat melewatinya lebih baik dan kuat dari pria.

Baca Juga: Baru 1 Tahun Pacaran, Tissa Biani dan Dul Jaelani Telah Mendapat Restu Dari Maia Estianty Untuk ke Jenjang yang Lebih Serius

Alasan kenapa di RSJ kebanyakan laki-laki, karena laki-laki ‘secara sosial’ lebih sulit untuk mengekspresikan stress, terutama nangis. Dibandingkan dengan kaum wanita, lelaki memiliki tingkat kerentanan penyakit kejiwaan yang jauh lebih tinggi.

Menurut sebuah penelitian, pria lebih mudah mengalami stress. Banyak faktor penyebab stress. Jika tak segera diatasi, stress bisa menyebabkan masalah kesehatan, karena menurunnya imunitas tubuh.

Baca Juga: Akibat Dibanting Tulang Leher Lesti Kejora Bergeser

Salah satu faktor seseorang terkena gangguan jiwa ialah karena faktor beban hidup yang cukup berat. Inilah yang dirasakan oleh kaum pria. Adapun cara mengurangi depresi ialah dengan mengekspresikan kondisi psikologi, seperti menangis atau curhat kepada sahabat.

Sayangnya pria tidak terlalu baik dalam mengekspresikan kondisi psikologinya. Mereka lebih memilih memendam apa yang sedang menjadi beban pikiran.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...