Agen Sepak Bola Dunia Asala Italia, Mino Raiola Meninggal Dunia

Minggu, 01 Mei 2022 | 16:47 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM -  Mino Raiola, salah satu agen sepak bola paling kuat di dunia yang kliennya termasuk Zlatan Ibrahimovic , Paul Pogba dan Erling Haaland, telah meninggal pada usia 54, pada hari Sabtu, 30 April 2022.

Keluarga Raiola tidak mengatakan penyakit apa yang dia derita tetapi dia berada di rumah sakit San Raffaele Milan.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Piala AFF U-16 2022 Hari Ini: Indonesia vs Myanmar, Siapa yang Akan Lolos ke Final?


“Dalam kesedihan yang tak terhingga, kami berbagi kematian agen sepakbola paling peduli dan luar biasa yang pernah ada,” bunyi pernyataan keluarga Raiola.

“Mino berjuang sampai akhir dengan kekuatan yang sama yang dia berikan di meja negosiasi untuk membela pemain kami. Seperti biasa, Mino membuat kami
bangga dan tidak pernah menyadarinya.”

Raiola membangun portofolio pemain yang cemerlang sepanjang karir yang panjang sebagai salah satu agen olahraga yang paling berpengaruh dan karakter yang paling kontroversial.

Dia menarik kritik karena jumlah besar yang dia dapatkan dalam komisi dari kesepakatannya, dan inflasi besar dalam gaji pemain.

Siapa itu Mino Raiola?
Raiola lahir di Nocera Inferiore di Italia selatan pada tahun 1968. Saat berusia satu tahun, ia dibawa bersama keluarganya ke Haarlem di Belanda.

Dia memulai karirnya di restoran pizza milik keluarganya, sebelum memulai karirnya di manajemen sepakbola.

Raiola sempat bekerja sebagai direktur teknis di klub Belanda Haarlem FC, dan kemudian menjadi agen Promosi Olahraga, yang mengkhususkan diri dalam memindahkan pemain Belanda terkenal ke Italia.

Baca Juga: Profil Biodata dan Agama Muhammad Iqbal Gwijagge, Kapten Timnas Indonesia U-16 yang Diangkat Anak Ketum PSSI


Bintang Ceko Pavel Nedved menjadi klien besar pertama Raiola. Dia terus membangun reputasinya di sepak bola Italia dan dunia selama bertahun-tahun, dan bersama Jorge Mendes, dia bisa dibilang agen sepakbola dengan profil tertinggi di planet ini.

Pendekatan Raiola yang sering blak-blakan tidak selalu membuatnya disayang oleh manajer klub – dengan mantan bos Manchester United Ole Gunnar Solskjaer tidak senang dengan apa yang dia lihat ketika orang Italia itu menimbulkan masalah atas masa depan Pogba.

Dilaporkan dalam buku 2017, Football Leaks: The Dirty Business of Football, bahwa Raiola memperoleh hingga 41 juta euro ($52 juta) dari transfer Pogba senilai 89 juta euro ($93,8 juta) dari Juventus ke Manchester United.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...