Selama 4 Hari Tradisi Barak An Dusun 1 Parit Tukang Desa Simpang Ayam, Terakhir Salaman dan Saling Memaafkan

Kamis, 05 Mei 2022 | 16:35 WIB
Berakhirnya barak an desa simpang ayam, salam salaman dan saling memaafkan Berakhirnya barak an desa simpang ayam, salam salaman dan saling memaafkan

RIAU24.COM -BENGKALIS - Tradisi Barak An ratusan warga laki-laki, maupun perempuan serta anak-anak di dusun 1 parit tukang desa simpang ayam diselenggarakan di RT02 RW 02 selesai dilaksanakan.

Barak An tersebut secara bergantian memasuki ke rumah rumah jiran tetangga. Mereka, memasuki rumah kemudian dipimpin seorang imam dengan membaca beberapa surat Alquran lalu ditutup dengan doa, selanjutnya makan bersama yang sudah disiapkan tuan rumah.

Begitulah gambaran memeriahkan Lebaran Idul Fitri 1444 H/2022 M dan mempererat silaturrahim bagi sebagian masyarakat yang ada di pulau Bengkalis khusus di Desa Simpang Ayam Kecamatan Bengkalis.

Baca Juga: Soal Pembayaran Tarif PJU, Komisi II DPRD Bengkalis Panggil Pihak PLN, Dishub dan Perkimtan

Sementara, Supendi tokoh masyarakat Desa Simpang Ayam yang ditunjuk sebagai Ketua rombongan di Dusun 1 Parit Tukang mengatakan bahwa kegiatan tradisi rombongan atau barak an selesai dilaksanakan pada hari ini, Kamis 5 Mei 2022.

 

​​​​​​

Foto : Romongan Anak Anak saat Barak An di Dusun 1 Desa Simpang Ayam

"Alhamdulilah, pada hari ini kita selesai melaksanakan kegiatan rombongan untuk satu dusun parit tukang yang dilaksanakan selama 4 hari. Sedangkan kalau untuk satu desa itu dilaksanakan selama 1 minggu,"ungkap Supendi kepada wartawan usai acara salam salaman saling memaafkan.

Diutarakan Supendi lagi, pada hari ke lima nantinya, itu merupakan kunjungan warga Dusun 2 dan 3. Dan pada hari raya ke enam itu akan ada kunjungan warga Dusun 1 ke dusun 2 dan 3," Untuk global keseluruhan itu dilaksanakan selama 7 hari atau satu minggu,"ucapnya.

Baca Juga: Pansus Pokir DPRD Bengkalis Bersama Bappeda Gelar Rapat Banmus, Berikut Yang Dibahas

Untuk terakhir acara rombongan atau barak an, yang jelas antara rombongan jemaah agar saling maaf memaafkan sesama jemaah. Hal tersebut dilakukan bila mana ada kesalahan dan kesilapan atau kekeliruan selama pergaulan dalam pelaksanaan barak an ini.

"Terakhir saling memaafkan ini adalah, pada awal dari para pemuda yang mengangkat hidangan. Kemudian dilanjutkan dengan rombongan anak anak dan selanjutnya rombongan bapak bapak,"pungkasnya.

 

PenulisR24/hari


Loading...
Loading...