Kronologi Bentrok Islam dan Hindu di India Berujung Penangkapan 97 Warga

Jumat, 06 Mei 2022 | 20:16 WIB
BBC BBC

RIAU24.COM -  Warga antar agama terlibat bentrok di India yakni umat Hindu dan Islam, tepatnya di Jodhpur!

Dilansir dari Indian Express, bentrokan diawali ketika umat Hindu dan Islam merayakan hari raya mereka pada Senin 2 Mei 2022,

Umat islam merayakan Idul Fitri yakni berakhirnya Ramadhan tahun ini, sedangkan umat hindu merayakan Parshuram Jayanti yang merupakan hari kelahiran dewa.

Kedua umat sama-sama ingin kibarkan bendera yang mewakili agama masing-masing di sebuah patung kemerdekaan Balmukund Bissa yakni di Gerbang Jalori Jodpur,

Baca Juga: Korea Utara Minta Warganya Kumur Air Garam dan Konsumsi Obat Tradisional untuk Perangi Wabah COVID-19

Bendera kedua agama pun akhirnya dikibarkan, sejumlah pengeras suara juga diturunkan, serta tali bendera diikat di dada sosok tokoh pejuang kemerdekaan tersebut.

Namun, bukannya saling bertoleransi, kedua umat justru saling serang, saling umpat terjadi dan bentrok pecah, polisi setempat berusaha membubarkan dengan tembakan gas air mata dan pentungan.

Namun massa justru semakin marah, mereka menyerang pos polisi dan membuat empat petugas yang sedang berjaga terluka, setidaknya ada 10 orang yang terluka dan satu orang diantaranya harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca Juga: Firaun Ini Paling Terkenal Sepanjang Sejarah, Siapa?

Pada malam harinya, situasi sudah kondusif, namun esok harinya pada Selasa 3 Mei 2022, bentrok kembali terjadi antara polisi dan komunitas umat islam.

Imbas dari bentrok tersebut, sejumlah penduduk mengalami luka, termasuk warga sekitar yang tidak tahu menahu tentang konflik tersebut.

Bentrok yang makin besar membuat polisi menurunkan jajarannya dalam jumlah besar pula, massa dan polisi saling kejar,

Polisi memakai pentungan untuk bubarkan massa, kemudian menangkap 97 orang, hingga berita ini diturunkan,

zxc3

Jodhpur yang jadi lokasi bentrok masih dijaga ketat dan diterapkan jam malam, serta jaringan internet diputus untuk mencegah bentrok kembali terjadi.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai bentrok umat beragama di India ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @baperanews. Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka

PenulisR24/anto


Loading...
Loading...