Asian Games 2022 Ditunda Setelah Melonjaknya Kasus Covid-19 Baru-Baru Ini Di China

Jumat, 06 Mei 2022 | 21:19 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM -  Dewan Olimpiade Asia (OCA) pada hari Jumat menunda Asian Games 2022 di Hangzhou, yang dijadwalkan antara 10 hingga 25 September, menyusul "diskusi terperinci dengan Komite Olimpiade China (COC)".

OCA mengambil keputusan pada pertemuan Dewan Eksekutif yang saat ini sedang berlangsung di Tashkent, Uzbekistan, di mana direktur jenderalnya, Husain Al Musallam, dan penjabat presiden, Randhir Singh, hadir.

Baca Juga: Update Klasemen Medali SEA Games 2021, Indonesia Duduki Posisi Ketiga


Tanggal baru untuk pameran kontinental empat tahunan akan diumumkan pada waktunya, kata pernyataan itu. Keputusan itu diambil setelah beberapa provinsi di China melaporkan lonjakan kasus Covid-19.

Olimpiade Tokyo 2020 juga ditunda setahun karena Covid-19 dan diadakan tahun lalu.

“Menyusul diskusi rinci dengan Komite Olimpiade China (COC) dan Komite Penyelenggara Asian Games Hangzhou (HAGOC), Dewan Eksekutif (EB) OCA hari ini memutuskan untuk menunda Asian Games ke-19, yang dijadwalkan akan diadakan di Hangzhou, China, dari 10 hingga 25 September 2022. Tanggal baru Asian Games ke-19 akan disepakati antara OCA, COC dan HAGOC (Panitia Penyelenggara Asian Games Hangzhou) dan diumumkan dalam waktu dekat,” demikian pernyataan OCA.

Baca Juga: Kenakan Baju Berlabel Z, Pesenam Rusia Ini Disuruh Kembalikan Medali dan Hadiah Uang


Laporan media telah berspekulasi tentang penundaan Asian Games untuk dua minggu terakhir, dan keputusan itu tidak mengejutkan, mengingat situasi pandemi yang berlaku di China dan negara-negara Asia lainnya.

“HAGOC telah dipersiapkan dengan sangat baik untuk menyelenggarakan Olimpiade tepat waktu meskipun ada tantangan global. Namun, keputusan di atas diambil oleh semua pemangku kepentingan setelah mempertimbangkan dengan cermat situasi pandemi dan ukuran Olimpiade. Nama dan lambang Asian Games ke-19 tidak akan berubah, dan OCA percaya bahwa Asian Games akan mencapai kesuksesan penuh melalui upaya bersama semua pihak,” demikian pernyataan OCA.

China sebelumnya pernah menjadi tuan rumah Asian Games di Guangzhou pada 2010.

OCA juga mengatakan Asian Youth Games Shantou 2021 yang sempat tertunda sebelumnya, kini dibatalkan.

“Selain itu, EB OCA juga mempelajari situasi Asian Youth Games ke-3 yang dijadwalkan pada 20-28 Desember tahun ini di Shantou, China. Setelah berdiskusi dengan COC dan Panitia Penyelenggara, EB OCA memutuskan bahwa Asian Youth Games telah ditunda satu kali, Asian Youth Games Shantou 2021 dibatalkan. Oleh karena itu, Asian Youth Games berikutnya akan diadakan pada tahun 2025 di Tashkent, Uzbekistan.

“OCA berterima kasih kepada Komite Penyelenggara Shantou atas kerja kerasnya selama fase persiapan. Kami sangat yakin bahwa upaya ini akan bermanfaat bagi berbagai aspek pembangunan kota, terutama di bidang olahraga serta untuk promosi semangat Olimpiade di Asia, ”kata pernyataan itu.


PenulisR24/dev


Loading...

Loading...