5 Fenomena Langit Mei 2022, Hujan Meteor Hingga Gerhana Bulan Total

Sabtu, 07 Mei 2022 | 01:40 WIB
WallpaperBetter WallpaperBetter

RIAU24.COM -  Serangkaian fenomena alam di langit pada bulan Mei 2022 akan bermunculan mulai dari hujan meteor hingga gerhana bulan total!

Berikut selengkapnya yang akan kami sajikan untuk anda.

1. Hujan meteor eta akuarid
Hujan meteor diperkirakan akan terjadi pada hari Jumat 6 Mei 2022, Anda bisa menyaksikannya mulai 02.30 dini hari waktu setempat dimana pada jam tersebut bintang akuarius mulai terbit di langit timur,

Baca Juga: Erick Thohir Berencana Nginap di Lokasi Asli KKN di Desa Penari, Dimanakah Itu ?

Temukan lokasi yang gelap gulita dan minim cahaya untuk bisa menikmati pemandangannya.

2. Hujan meteor eta lyrid
Muncul dari arah rasi bintang lura, mencapai puncaknya pada hari Minggu 8 Mei 2022 dan intensitas waktunya lima meteor per jam,

Anda bisa mengamatinya di langit timur laut pada jam 23.00 waktu setempat sampai matahari terbit di esok hari, tentunya di tempat yang gelap dimana bintang di langit terlihat jelas tanpa terhalang gedung atau cahaya lampu.

Baca Juga: Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?

3. Gerhana bulan total
Terjadi pada 16 Mei 2022, namun sayangnya tidak bisa disaksikan di Indonesia, Anda bisa saksikan melalui live streaming. Gerhana bulan total ini bisa disaksikan di wilayah timur Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Amerika Utara, puncaknya pada pukul 23.29 EDT atau 10.29 WIB.

4. Okultasi Venus oleh bulan
Merupakan fenomena berupa bulan melintas tepat di depan Venus sehingga Venus akan terhalang bulan, terjadi pada 27 Mei 2022 dan bisa dinikmati di Afrika Timur, sedangkan di Indonesia, bisa disaksikan di Jakarta pada pukul 09.15 WIB dan 10.55 WIB.

zxc3

5. Konjungsi Jupiter dan Mars
Terjadi pada tanggal 25 dan 29 Mei 2022, akan terjadi pemandangan luar biasa indah dimana Mars, Jupiter, dan Bulan akan membentuk formasi segitiga.

Bisa diamati mulai jam 02.45 waktu setempat, namun untuk bisa menyaksikannya diperlukan alat bantu seperti teropong atau teleskop,

Tidak bisa langsung disaksikan dengan mata telanjang. Anda bisa melihat live streamingnya, tentunya akan disiarkan di berbagai saluran televisi Indonesia.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai fenomena langit ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @baperanews. Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka

PenulisR24/anto


Loading...

Loading...