Chelsea Menyetujui Persyaratan Penjualan Dengan Konsorsium yang Dipimpin Boehly

Sabtu, 07 Mei 2022 | 21:21 WIB
Foto : Aljazeera Foto : Aljazeera

RIAU24.COM -  Chelsea Football Club telah mengkonfirmasi bahwa persyaratan telah disepakati dengan konsorsium yang dipimpin oleh pemilik bagian Los Angeles Dodgers Todd Boehly dan didukung oleh Clearlake Capital atas akuisisi tim Liga Premier Inggris.

Pakaian yang berbasis di Stamford Bridge mengumumkan kesepakatan 4,25 miliar pound (USD 5,2 miliar) untuk juara bertahan Eropa dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada dini hari Sabtu, tergantung pada persetujuan yang diperlukan.

Baca Juga: Harry Kane: Secara Keseluruhan Kami Tidak Pantas Dapat Satu Poin Pertandingan


"Klub Sepak Bola Chelsea dapat mengonfirmasi bahwa persyaratan telah disetujui untuk grup kepemilikan baru, yang dipimpin oleh Todd Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter dan Hansjoerg Wyss, untuk mengakuisisi klub," bunyi pernyataan tersebut.

“Penjualan diharapkan selesai pada akhir Mei dengan tunduk pada semua persetujuan peraturan yang diperlukan. Rincian lebih lanjut akan diberikan pada saat itu.”

Chelsea mengatakan pemilik baru akan membayar 2,5 miliar pound ($ 3,1 miliar) untuk membeli saham sementara melakukan tambahan 1,75 miliar pound ($ 2,2 miliar) untuk berinvestasi di stadion, tim wanita, akademi dan Yayasan Chelsea.

Pernyataan itu menegaskan semua hasil akan ditempatkan di rekening bank Inggris yang dibekukan dan pemilik Rusia Roman Abramovich, yang saat ini dikenai sanksi oleh pemerintah Inggris, akan menyumbangkan semua hasil untuk tujuan amal.

Pengumuman itu datang dengan hanya lebih dari tiga minggu tersisa pada lisensi operasi klub saat ini, yang berakhir pada 31 Mei.

Baca Juga: Pelatih Chelsea Thomas Tunchel Kritik Keras Sikap Wasit, Usai Anak Asuhannya Kalah dari Tottenham


Abramovich menjual klub tersebut pada awal Maret menyusul invasi negaranya ke Ukraina .

Dia membuka jalan untuk pengambilalihan pada hari Kamis setelah menepis laporan bahwa dia ingin pinjaman yang diberikan kepada klub, dilaporkan senilai 1,5 miliar pound ($ 1,9 miliar), untuk dilunasi.

Boehly adalah pemilik bagian dari waralaba Los Angeles Dodgers MLB dan dia juga memiliki saham minoritas di Los Angeles Lakers NBA dan Los Angeles Sparks WNBA.

Grup Boehly, yang juga termasuk miliarder Swiss Wyss, sedang dalam negosiasi eksklusif untuk membeli klub tersebut setelah tawaran terlambat dari miliarder Inggris Jim Ratcliffe ditolak.

Grup yang dipimpin oleh salah satu pemilik Boston Celtics Stephen Pagliuca dan mantan ketua British Airways Martin Broughton sebelumnya tersingkir dari proses penawaran sementara sebuah konsorsium yang dipimpin oleh pemilik Chicago Cubs, keluarga Ricketts, mundur dari pencalonan.

Penjualan juara Eropa itu mengakhiri 19 tahun sukses di bawah asuhan Abramovich yang berusia 55 tahun, yang telah membawa lima gelar Liga Premier dan dua kemenangan Liga Champions.

Setelah awalnya memulai jangka panjang kemenangan menyusul keputusan Abramovich untuk menjual klub, Chelsea telah berjuang untuk menemukan bentuk terbaik mereka baru-baru ini.

Mereka menderita kekalahan perempat final Liga Champions yang menyakitkan di Real Madrid setelah hampir melakukan comeback epik dari defisit 3-1 di leg pertama.

Tempat Chelsea di empat besar Liga Inggris juga jauh dari jaminan.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...