Pabrik Pembuatan Perhiasan Berusia 5 Ribu Tahun Ditemukan Di Kota Harappa

Senin, 09 Mei 2022 | 10:33 WIB
Foto : ASI menggali kota Harappa yang direncanakan berusia ribuan tahun di Rakhigarhi, Haryana (Foto/IANS) Foto : ASI menggali kota Harappa yang direncanakan berusia ribuan tahun di Rakhigarhi, Haryana (Foto/IANS)

RIAU24.COM - Rakhigarhi di Haryana terkenal di dunia untuk beberapa situs peradaban Harrapan yang paling terkenal, dan Survei Arkeologi India (ASI) telah melakukan penggalian baru selama 32 tahun terakhir. 

Sekarang, ASI telah membuat salah satu penemuan terbesarnya di kota Harappa yang direncanakan berusia 7.000 tahun dengan penggalian pabrik berusia 5000 tahun yang digunakan untuk memproduksi perhiasan. 

Penggalian dan penelitian di Rakhigarhi sejauh ini telah mengungkapkan bahwa tempat ini dulunya tidak hanya menampung kota Harappa yang direncanakan dengan beberapa keajaiban teknik terbaik saat itu, tetapi juga terlibat dalam praktik perdagangan dan bisnis.

Para arkeolog menemukan bukti perencanaan kota, termasuk jalan, dinding pucca, dan rumah bertingkat. Bukti rekayasa modern yang saat ini digunakan untuk membangun kota-kota besar – seperti jalan lurus, saluran air, dan tempat sampah yang ditempatkan di sudut-sudut jalan untuk membuang sampah – juga ditemukan dari lokasi penggalian di Rakhigarhi. 

Baca Juga: Rekaman Mengerikan Menunjukkan Pria Ukraina Digiring Menuju Kematian Mereka di Bucha

Selama putaran terakhir penggalian di Rakhigarhi, yang dijadwalkan akan selesai pada akhir Mei, kerangka dua wanita ditemukan bersama dengan perhiasan. Selain kerangka, peralatan yang digunakan oleh almarhum juga ditemukan. 

Menguraikan penemuan terbaru, Sanjay K Manjul, Direktur Jenderal Gabungan, ASI mengatakan kepada kantor berita ANI bahwa situs arkeologi Rakhigarhi memiliki tujuh gundukan dan potongan bukti budaya Harappa telah ditemukan di ketujuhnya. “Penggalian serupa pernah terjadi sebelumnya dan ini adalah tahap ketiga,” katanya.

Berbagi pengamatannya tentang keajaiban teknik peradaban Harappa, arkeolog itu mengatakan perencanaan yang dipimpin dengan baik dapat diamati di sini, dengan jalan dan dinding di sepanjang itu, kompleks rumah, sistem drainase, dukungan struktural bata yang dibakar dan berbagai komponen tembikar dengan banyak lukisan yang ditampilkan. teknik memanggang mereka yang lebih baik.

“Ditemukan juga benda-benda tembaga dan emas, bersama dengan artefak, manik-manik, tulisan bermotif tersegel, dan langit-langit dengan tulisan Harappa dan penggambaran gajah. Ini menunjukkan keragaman budaya mereka. Motif kami adalah mengembangkan situs ini secara ikonik,” tambahnya.

Sejarah Rakhigarhi

  • Rakhigarhi adalah situs arkeologi terbesar dari peradaban Harappa yang berada di bawah dua desa modern Rakhi-Shahpur dan Rakhigarhi-Khash. Situs ini pertama kali digali pada tahun 1998-2001 oleh ASI. Setelah itu dari 2013 hingga 2016, Deccan College, Pune bekerja di sini.
  • Rakhigarhi telah diklasifikasikan sebagai pusat metropolitan utama budaya Harappa. Selama penyelidikan yang dilakukan pada tahun 1969 oleh Profesor Suraj Bhan, ditemukan bahwa sisa-sisa arkeologi Rakhigarhi dan pemukiman adalah budaya Harappa.

  • Belakangan, selama investigasi yang dilakukan oleh ASI dan Pune Deccan College, diketahui bahwa tempat ini memiliki cluster township yang tersebar di 500 hektar. Ini mencakup 11 gundukan yang diberi nama RGR-1 TO 11.
  • Penggalian yang dilakukan oleh ASI di bawah arahan Amarendra Nath selama tahun 1997-98 hingga 1999-2000 mengungkapkan berbagai fase pekerjaan mulai dari tahap pra-formatif hingga periode Harrapan matang yang mencakup waktu dari milenium ke-5 SM hingga milenium ke-3 SM. berdasarkan tanggal radiokarbon yang diperoleh dari berbagai lapisan.

Baca Juga: Rekaman Mengerikan Menunjukkan Pria Ukraina Digiring Menuju Kematian Mereka di Bucha


Menurut sebuah laporan oleh kantor berita IANS, ada prosedur yang sedang berlangsung untuk nota kesepahaman antara ASI dan pemerintah Haryana di mana barang-barang kuno Rakhigarhi akan ditampilkan di museum yang berada di bawah pemerintahan Haryana.

ASI akan segera memulai penggalian pada September 2022 dan setelah itu akan membuka gundukan-gundukan tersebut, sehingga para wisatawan bisa mendapatkan informasi lengkap. Segera Rakhigarhi akan menyaksikan langsung turis seperti yang diinginkan pejabat ketika turis melihat sisa-sisa mereka mendapatkan informasi tentang barang antik dan kebenaran tentang itu.

Sesuai pengumuman Pemerintah Pusat dalam Anggaran Persatuan 2020-21, Rakhigarhi akan dikembangkan sebagai salah satu dari lima tempat ikonik terbaik yang penggaliannya dimulai pada 24 Februari 2022. Pemerintah bertujuan untuk memfasilitasi wisatawan yang datang ke Rakhigarhi selain mengekspos sisa-sisa struktural. Selain itu, tujuannya juga untuk memahami pemukiman Harappa di Rakhigarhi dan keterkaitan tujuh gundukan.

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...