Puluhan Migran Tenggelam di Sahara Barat

Senin, 09 Mei 2022 | 10:54 WIB
Foto : Puluhan migran tenggelam di Sahara Barat Foto : Puluhan migran tenggelam di Sahara Barat

RIAU24.COM - Sedikitnya 44 migran dan pengungsi tenggelam ketika perahu mereka terbalik di lepas pantai wilayah Sahara Barat yang disengketakan Maroko, kata badan bantuan migran Caminando Fronteras. Dua belas orang lainnya selamat dari tragedi yang terjadi pada hari Minggu ketika kapal itu tenggelam di lepas pantai Cape Boujdour, tulis Helena Maleno dari badan tersebut. Para penyintas ditangkap, tulis Maleno.
 
Mayat tujuh korban dibawa kembali ke pantai tetapi yang lainnya tidak dapat diambil, katanya.

Baca Juga: Rekaman Mengerikan Menunjukkan Pria Ukraina Digiring Menuju Kematian Mereka di Bucha

Tidak ada konfirmasi segera dari pihak berwenang di Maroko, yang melihat Sahara Barat, bekas jajahan Spanyol, sebagai bagian integral dari kerajaan Afrika Utara. Tidak jelas ke mana arah kapal itu, tetapi biasanya, para migran yang berangkat dari daerah itu berusaha mencapai Kepulauan Canary di Spanyol.

Maroko adalah titik transit utama pada rute yang diambil oleh para migran dan pengungsi yang berharap mencapai Eropa untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga: Cerita Libya yang Dipimpin Presiden Selama 42 Tahun, Muammar Khadafi

Pada hari Jumat, Maroko dan Spanyol mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama bahwa mereka berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dalam migrasi tidak teratur. Lebih dari 14.700 upaya keberangkatan tidak teratur dicegah dan 52 jaringan penyelundupan manusia dipecah di Maroko selama tiga bulan pertama tahun ini, menurut angka kementerian dalam negeri.

Pihak berwenang Maroko menghentikan lebih dari 63.120 penyeberangan tahun lalu dan menutup 256 jaringan penyelundupan. Menurut kementerian dalam negeri Spanyol, lebih dari 40.000 migran tiba di negara itu melalui laut pada tahun 2021. Pada tahun yang sama, menurut Caminando Fronteras, 4.404 migran meninggal atau hilang ketika mereka mencoba mencapai Spanyol.

 
 

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...