Fakta yang Tak Diketahui Banyak Orang Soal Pesawat Pengebom Milik Rusia Tu-160M2

Selasa, 10 Mei 2022 | 06:52 WIB
Pesawat Pengebom Tu-160M2. Sumber: TASS Pesawat Pengebom Tu-160M2. Sumber: TASS

RIAU24.COM -  Terbang perdana pada Januari 2022, pesawat Pengebom Tu-160M2 milik Rusia ini masih dikandangkan ditengah konflik mereka dengan Ukraina.

Alhasil, kondisi yang sebenarnya dari pesawat ini tak banyak yang mengetahui. Belum lagi soal industri pertahanan Rusia yang sangat merahasiakan pembangunan Tu-160M2 ini.

Fakta menarik dari pesawat ini yakni dirancang membawa 40 ton rudal, dan punya senjata penangkal nuklir dikutip dari cnnindonesia.com.

Baca Juga: Firaun Ini Paling Terkenal Sepanjang Sejarah, Siapa?

Alhasil, pesawat ini merupakan 1 dari 10 unit Tu-160M2 yang dipersiapkan dan direncanakan akan digunakan militer Rusia pada 2027.

Tak hanya itu, pesawat ini juga dibekali dengan transmisi informasi yang cepat, bobot yang kecil dan memiliki teknologi yang diklaim bisa menghasilkan efisiensi energi.

Baca Juga: Buaya Raksasa Ini Sengaja Dilepas di Perbatasan AS-Meksiko untuk Takut-takuti Para Migran yang Hendak Nyebrang Ilegal

Tu-160M2 juga mampu membawa generasi baru rudal jelajah jarak jauh yang kini masih dalam tahap pengembangan oleh Ruselectronics Group.

Pesawat ini juga siap merevitalisasi armada pembom strategis Moskow yang menua selama dekade mendatang, terlebih jika adanya pemenuhan kuota produksi ambisius Kremlin.

PenulisR24/azhar


Loading...
Loading...