Ma’ruf Amin Buka Rakernas APPSI, Kutip Kata-kata Mariana Mazzucato: Bangun Interaksi dengan Banyak Pemangku Kepentingan

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:43 WIB
google google

RIAU24.COM -  Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2022 di Hotel Discovery Kartika Plaza, Bali pada Senin (9/5).

Dalam unggahan di Instagramnya, Ma’ruf menekankan pentingnya pembangunan berkelanjutan yang dapat mewujudkan kemakmuran bagi generasi sekarang tanpa mengorbankan kebutuhan generasi masa depan.

Hal ini diharapkan orientasi pembangunan di masa depan bersifat mendorong kegiatan ekonomi yang non-ekstraktif, ramah lingkungan dan melibatkan partisipasi seluruh warga negara.

Baca Juga: Ini Jawaban UAS Usai Disebut Ekstrimis oleh Singapura

Untuk mewujudkannya, Ma'ruf mengatakan setidaknya ada enam hal yang perlu dilakukan pemerintah daerah untuk mengawal pembangunan yang berkelanjutan.

“Visi diterjemahkan ke dalam tujuan yang jelas, berani mengambil risiko dan melakukan inovasi, mendinamisasi birokrasi/organisasi, kolaborasi dengan multipihak, anggaran yang fokus kepada hasil dan kemitraan yang efektif antara sektor publik dan swasta,” kata Ma'ruf.

Baca Juga: Cerita Jenderal Sudirman dan Nasi Oyek

Terakhir, Ma’ruf turut mengutip kata-kata Mariana Mazzucato 2021 soal pentingnya pemerintah daerah membangun misi dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan.

Kutipan tersebut memiliki pesan penting dimana pemerintah daerah diingatkan untuk mampu mengambil kebijakan yang lebih dekat kepada aspirasi rakyat dengan menerapkan prinsip “mission economy”, yakni mengubah paradigm dari sekedar menata (order) menjadi melayani atau memenuhi (deliver) kebutuhan rakyat. Termasuk membangun interaksi dengan banyak pemangku kepentingan.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...