Mengejutkan, Hiu Putih Seberat 453 Kilogram Ditemukan Berenang di Lepas Pantai AS

Rabu, 11 Mei 2022 | 13:45 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM - Seekor hiu putih besar raksasa dengan berat mencapai setengah ton terlihat berenang di pantai timur AS. Hiu tersebut telah diidentifikasi di lepas pantai New Jersey, dekat dengan lokasi serangan hiu yang menginspirasi film Jaws .

Dan pemangsa khusus ini terkenal di kalangan ahli biologi kelautan. Namanya Ironbound, dan dia pertama kali ditangkap dan ditandai pada tahun 2019 di perairan sekitar Nova Scotia di Kanada. Faktanya, namanya berasal dari Pulau West Ironbound dekat Lunenburg, tempat dia terlihat.

Sejak itu, para ahli menganggap dia telah melakukan perjalanan lebih dari 13.000 mil.

Baca Juga: Pernah Terjadi, Presiden AS Pergi ke Uni Soviet Berdialog di Tengah Kondisi Perang

Dengan berat sekitar 1.000 pon (454kg), predator puncak kemungkinan berusia sekitar 20 tahun. Para peneliti di OCEARCH , sebuah organisasi kelautan nirlaba, telah mempelajari Ironbound dan bertanggung jawab untuk memasangkannya dengan alat pelacak.

"Ketika kami menandainya - dia sangat mengesankan," kata Bob Hueter, kepala ilmuwan organisasi tersebut kepada CNN. Berukuran panjang 12 kaki, great white sebelumnya telah terekam jauh di Samudra Atlantik, sebelum perangkat tersebut melakukan ping lokasinya di dekat pantai AS pada akhir April.

"Dia bolak-balik dari tempat kami menemukannya di Nova Scotia dan Florida Keys beberapa kali," kata Hueter.

Baca Juga: Israel Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama Sepanjang Sejarah


Meskipun tidak dapat disangkal besar, Ironbound sebenarnya berukuran rata-rata untuk kulit putih besar yang sudah dewasa. Ikan pemangsa terbesar di dunia – dan hiu yang paling terkenal – sebenarnya dapat tumbuh hingga sekitar 20 kaki panjangnya dan beratnya lebih dari 5.000 pon. Kurang lebih sama dengan hatchback kecil.

Meskipun penampilannya menakutkan, hiu sangat penting bagi kesehatan lautan. Populasi menyusut karena kombinasi dari industri perikanan internasional dan perubahan iklim. Hiu yang tersisa semakin sering melakukan kontak dengan populasi manusia yang lebih besar karena lautan yang memanas mengubah distribusi dan pergerakan mereka.

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...