Mengenang Kembali Perjalanan Karier Sheila on 7, Sebelum Brian Kresna Putro Putuskan Hengkang

Kamis, 12 Mei 2022 | 11:08 WIB
google google

RIAU24.COM -  Mundurnya Brian sudah dibenarkan Adam, pemain bass Sheila On 7. Sayangnya, Adam merahasiakan penyebab Brian memutuskan mundur dari Sheila On 7. Pria bernama lengkap Brian Kresna Putro hengkang sejak 6 April 2022 setelah 18 tahun bersama band asal Jogja itu.

Tentu saja kabar ini membuat Sheila Gank, sebutan fans SO7 dan penikmat musik Tanah Air. Meski demikian, antusiasme netizen untuk mengenal lebih dekat band yang digawangi Eross Candra dan Duta Modjo tersebut. Apalagi, sebagai band yang sudah berkarya selama 25 tahun di industri musik Indonesia, prestasi dan perjalanan karier Sheila on 7 banyak disorot.

Band asal Yogyakarta ini sudah memiliki kurang lebih 9 album di antaranya Sheila On 7, Kisah Klasik untuk Masa Depan, 07 Des, Ost 30 Hari Mencari Cinta, dan Pejantan Tangguh.

Baca Juga: Erick Thohir Berencana Nginap di Lokasi Asli KKN di Desa Penari, Dimanakah Itu ?

Pada mulanya, band ini dibentuk oleh Adam dan Sakti yang sudah memiliki band dengan nama W.H.Y Gank. Lalu Adam dan Sakti memilih Duta sebagai vokalis, karena Adam dan Duta sering tampil pada acara 17 Agustusan.

Sempat vakum, mereka kemudian bertemu dan berkenalan dengan Erros serta Anton yang memang ingin serius dalam dunia musik. Kemudian, kelima anak muda yaitu Adam, Sakti, Duta, Erros, dan Anton tersebut membentuk sebuah band baru dengan nama Sheila Gank pada 6 Mei 1996.

Jika sebelumnya band ini dibentuk dengan nama Sheila Gank, pada tahun 1998 mereka mendapatkan tawaran kontrak dari sebuah label rekaman, barulah Sheila Gank diganti dengan nama Sheila on 7.

Nama Sheila on 7 sendiri diambil dari nama teman SMA Erros yang merupakan teman SD Duta dan Adam. Ketiga personel itu menganggap bahwa Sheila yang membuat mereka terhubung dan akhirnya dipilih menjadi nama band mereka. Sementara angka 7 diambil dari tujuh nada dalam musik, yaitu do, re, mi, fa, sol, la, si, do.

Baca Juga: Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?

Kemudian, kabar tak sedap pertama datang dari Anton, sang drummer Sheila on 7 memilih keluar dari grup pada 2004. Disusul Sakti yang keluar dari SO7 pada 2006 untuk melanjutkan studi Islamnya ke Pakistan.

Anton kemudian diganti drummer baru, Brian yang awalnya hanya sebagai additional player atau pemain tambahan ketika tur album Pejantan Tangguh. Namun, karene dirasa pas, pada akhirnya Brian bergabung secara resmi dengan Sheila on 7 untuk posisi menjadi drummer.

PenulisR24/riz


Loading...

Loading...