Ilmuwan Berhasil Menanam Tanaman di Tanah Bulan Untuk Pertama Kalinya

Jumat, 13 Mei 2022 | 15:54 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM -  Para ilmuwan, untuk pertama kalinya, berhasil menumbuhkan tanaman di tanah dari bulan. 

Kotoran bulan yang keras yang dikumpulkan oleh astronot Apollo NASA digunakan oleh para ilmuwan yang ingin memeriksa apakah ada sesuatu yang tumbuh di atasnya. 

Baca Juga: Ilmuwan Iklim NASA Peringatkan Masyarakat Umum Untuk Berhenti Menggunakan Pesawat Terbang, Ini Alasannya


Hasilnya mengejutkan para peneliti karena mereka menemukan tanaman yang benar-benar tumbuh di benda-benda bulan.

"Astaga. Tanaman benar-benar tumbuh di benda-benda bulan. Apakah Anda bercanda?,” kata Robert Ferl dari Institut Ilmu Pangan dan Pertanian Universitas Florida, menurut sebuah laporan oleh The Associated Press.

Ferl dan rekan-rekannya menanam selada thale di tanah bulan yang dikembalikan oleh Neil Armstrong dan Buzz Aldrin dari Apollo 11, dan penjelajah bulan lainnya. Kabar baiknya: Semua benih bertunas.

Kelemahannya adalah bahwa setelah minggu pertama, kekasaran dan sifat-sifat lain dari tanah bulan menekankan gulma kecil yang berbunga sehingga mereka tumbuh lebih lambat daripada bibit yang ditanam di tanah bulan palsu dari Bumi. Sebagian besar tanaman bulan akhirnya kerdil. Hasilnya diterbitkan Kamis di Biologi Komunikasi.

Baca Juga: Ilmuwan Menemukan Mikroba Hidup di Batu, Berusia 830 Juta Tahun Lalu


Semakin lama tanah terkena radiasi kosmik dan angin matahari di bulan, semakin buruk kondisi tanaman.

Sampel Apollo 11 - terpapar beberapa miliar tahun lebih lama ke elemen karena permukaan Laut Tranquility yang lebih tua - adalah yang paling tidak kondusif untuk pertumbuhan, menurut para ilmuwan.

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...