Jadi Negara Adidaya, Ternyata Segini Gaji Presiden Amerika

Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:05 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Kepresidenan adalah posisi yang sangat diperebutkan dan paling dipandang di seluruh dunia. 

Seorang Presiden di AS harus memastikan kelanjutan pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran finansial negara, karena nya Presiden AS selalu dibayar mahal.

Mereka mendapatkan gaji, tunjangan, dan setelah pensiun, mereka berhak atas pensiun bulanan. Gaji Presiden telah ditinjau lima kali sejak merangkul kepresidenan agar setara dengan kekuatan ekonomi.

Gaji Presiden di AS adalah salah satu gaji Presiden dengan bayaran tertinggi di dunia.

Presiden pertama memperoleh gaji tahunan sebesar $25.000 (Rp363 Jt) pada 1789 yang nilainya tentu akan jauh lebih tinggi hari ini, setara dengan $600.000 (Rp8,7 T) dalam nilai tukar hari ini.

Sejak 2001, Presiden Amerika Serikat menerima gaji tahunan sebesar $400.000 (Rp5,8 T). Presiden juga menerima $50.000 (Rp726 Jt) untuk pengeluaran tahunan, tunjangan hiburan $19.000 (Rp276 Jt), dan tunjangan perjalanan bebas pajak $100.000 (Rp1,4 T) per tahun.

Presiden secara resmi tinggal di Gedung Putih di Washington DC dan mereka mendapatkan fasilitas minuman, keamanan, perawatan kesehatan, dan layanan pekerjaan rumah.

Tempat tinggal kedua Presiden dan wisma resmi adalah Blair House di Kompleks Gedung Putih, sedangkan Camp David berfungsi sebagai tempat peristirahatan negara dan penjaga keamanan Presiden.

Presiden melakukan perjalanan di darat dengan mobil kepresidenan dan melalui udara dengan salah satu dari dua pesawat Boeing VC-25 yang identik. 

Salah satu dari dua pesawat tersebut biasanya melayani perjalanan dalam negeri Presiden, tetapi keduanya juga melayani perjalanan luar negeri.

Selain itu, Presiden memiliki hak masuk ke 35 helikopter Korps Marinir Amerika Serikat dari berbagai model, yang memiliki penunjukan "Marine One" setiap kali presiden berada di salah satu armada tertentu.

PenulisR24/ame


Loading...

Loading...