Segera Tinggalkan 4G, Ini Kelebihan 5G

Senin, 16 Mei 2022 | 22:57 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Semua jenis ponsel pintar akan mahir bekerja apabila jaringan yang mendukung koneksinya baik.

Di Indonesia, umumnya masyarakat menggunakan ponsel pintar berbasis 4G yang pertama kali diluncurkan tahun 2013 silam.

Sekarang, ponsel dari berbagai merek dagang mulai jelajahi jaringan 5G, bahkan OPPO baru saja rilis produknya yang dilengkapi teknologi 5G ini.

Apa kelebihan 5G dibandingkan 4G? Adakah perbedaan signifikan antara keduanya?

Dilansir dari laman ericsson.com, setiap jaringan di ponsel memiliki batas informasi yang bisa dibawa oleh gelombang radio, sehingga, apabila sebagian orang ingin mendapat kecepatan tertentu, sebagiannya lagi harus menurunkan penggunaan internet mereka.

Nah, kelebihan jaringan 5G akan memberikan kapasitas ruang yang lebih besar sehingga akan lebih banyak orang yang bisa menggunakan internet dengan kecepatan yang sama sama tinggi.

Di samping itu, jaringan 4G sering kali mengalami kesulitan untuk melayani setiap perangkat yang berada di suatu lokasi berkerumunan. 5G memecahkan kendala ini dengan cara msnyebarkan koneksi ke setiap perangkat dengan presisi tinggi yang memungkinkannya menangani sebanyak satu juta perangkat per kilometer persegi.

Juga dilansir dari ericsson.com, sementara jaringan 4G umumnya dirancang untuk ponsel, teknologi 5G dirancang untuk penggunaan yang lebih fleksibel. Teknologi 5G dapat berfungsi sebagai banyak jaringan terpisah dalam waktu bersamaan.

PenulisR24/ame


Loading...

Loading...