Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?

Jumat, 20 Mei 2022 | 11:17 WIB
Ilustrasi. Sumber: Internet Ilustrasi. Sumber: Internet

RIAU24.COM -  Setiap tanggal 20 Mei, Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Tahukah jika hari Kebangkitan Nasional atau disingkat Harkitnas lahir seiring berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

Semua bermula ketika Presiden Soekarno menetapkan hari lahir Boedi Oetomo sebagai hari kebangkitan nasionalisme Indonesia dikutip dari cnnindonesia.com.

Baca Juga: Salurkan Bantuan TJSL, PLN Unit Induk Wilayah Sumbar Ajak Mitra Produksi Alat Rumah Tangga

Alasannya penetapan itu karena banyak ancaman segregasi antargolongan dan ideologi di tengah upaya Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari kolonial Hindia Belanda.

Semangat persatuan dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang digaungkan Boedi Oetomo kemudian menjadi lecut semangat para pribumi demi membebaskan diri dari dominasi penjajah sekaligus mencegah perpecahan bangsa.

Untuk diketahui, Boedi Oetomo sendiri merupakan adalah organisasi modern pertama di Indonesia sejarah pergerakan kemerdekaan.

Baca Juga: Jenis Sepeda Motor yang Dilarang Pakai Pertalite, Berikut Kategorinya

Organisasi prakemerdekaan ini aktif bergerak di berbagai bidang khususnya pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan tanpa melibatkan unsur politik.

Organisasi Boedi Oetomo dibentuk oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) pada 20 Mei 1908 di Jalan Abdulrahman Saleh No. 26, Jakarta, berdasarkan gagasan dr. Wahidin Sudirohusodo yang ingin meningkatkan martabat rakyat dan bangsa Indonesia.

PenulisR24/azhar


Loading...

Loading...