Hasil Reshuffle Kabinet Indonesia Maju, Inilah 3 Wakil Menteri yang Dilantik Jokowi, Ada yang Asli Riau

Rabu, 15 Juni 2022 | 15:45 WIB
Raja Juli Antoni pada pelantikan wakil menteri di istana negara/youtube: sekretariat presiden Raja Juli Antoni pada pelantikan wakil menteri di istana negara/youtube: sekretariat presiden

RIAU24.COM Jokowi resmi melaksanakan reshuffle menteri Kabinet Indonesia Maju pada Rabu 15 Juni 2022 pukul 13.30 WIB yang disiarkan langsung melalui youtube resmi sekretariat presiden.

Dalam acara tersebut presiden melantik dua menteri dan tiga wakil menteri yang akan menjabat selama sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Berdasarkan keputusan presiden nomor 64/B/2022 tentang pengangkatan dan pemberhentian menteri kabinet Indonesia maju, dua menteri yang dilantik adalah Zulkifli Hasan diangkat sebagai menteri perdagangan RI menggantikan muhammad Lutfi. 

Sedangkan Hadi Tjahjanto resmi diangkat sebagai menteri agraria dan tata ruang/Kepala BPN menggantikan Sofyan Djalil.

Baca Juga: Hotman Paris Buka Suara Tentang Manajemen Holywings, Sebut 2.850 Karyawan Beragama Islam

Berdasarkan keputusan presiden 24/M/2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan wakil menteri, Jokowi juga melantik tiga wakil menteri yaitu:

1.    Wempi Wetipo sebagai wakil menteri dalam negeri

2.    Afriansyah Noor sebagai wakil menteri ketenagakerjaan

3.    Raja Juli Antoni sebagai wakil menteri agraria dan tata ruang/wakil kepala BPN 

Baca Juga: Satpol PP Segel Outlet Holywings di Jakarta, Hotman Paris Bungkam

Menariknya dari ketiga wakil menteri tersebut terdapat putra daerah Riau yaitu Raja Juli Antoni. Raja Juli Antoni dikenal sebagai elite dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan juga sebagai timses Jokowi.

Dilansir dari detikNews, Raja lahir di Pekanbaru, 13 Juli 1977 dan pernah menempuh pendidikan S1 di IAIN (sekarang UIN) Jakarta pada tahun 2001 dengan menulis penelitian berjudul Ayat-ayat Jihad: Studi Kritis terhadap Penafsiran Jihad sebagai Perang Suci.

Raja terjun ke dunia politik dan bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PSI. Ia menjadi tim sukses Jokowi-Ma’rud pada saat Pilpres 2019.
Saat itu Raja Juli menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin dan kini ia menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pembina PSI.


 

PenulisR24/tya


Loading...

Terpopuler

Loading...