Profil Raja Juli Antoni, Putra Daerah Riau yang Dilantik Jokowi Sebagai Wakil Menteri Agraria

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:30 WIB
Raja Juli Antoni/Ig:rajaantoni Raja Juli Antoni/Ig:rajaantoni

RIAU24.COM - Presiden Joko Widodo melantik tiga wakil menteri pada reshuffle Kabinet Indonesia Maju Rabu, 15 Juni 2022 pukul 13.30 WIB di istana kepresidenan Jakarta.

Berdasarkan keputusan presiden No.24/M/2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan wakil menteri, Jokowi juga melantik tiga wakil menteri yaitu, Wempi Wetipo sebagai wakil menteri dalam negeri, Afriansyah Noor sebagai wakil menteri ketenagakerjaan, dan Raja Juli Antoni sebagai wakil menteri agraria dan tata ruang/wakil kepala BPN.

Menariknya diantara tiga wakil menteri tersebut ada yang berasal dari Riau yaitu Raja Juli Antoni. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang wakil menteri agraria tersebut, berikut profil lengkap Raja Juli Antoni yang dikutip dari situs pribadinya:

Kelahiran Kota Pekanbaru

Raja Juli Antoni adalah pria kelahiran kota Pekanbaru pada tanggal 13 Juli 1997 yang pernah menuntut ilmu di UIN Jakarta pada tahun 2001 dengan hasil penelitian berjudul Ayat-ayat Jihad: Studi Kritis terhadap Penafsiran Jihad sebagai Perang Suci.

Baca Juga: Ganja Medis Itu Apa Sih? Diperjuangkan Ibu Santi untuk Pengobatan Anaknya

S2 di Inggris 

Raja Juli Antoni melanjutkan studi S2 nya di Inggris dengan beasiswa Chevening Award untuk studi master di The Department of Peace Studies, The University of Bradford, Inggris. Studi selesai dengan tesis master yang berjudul The Conflict in Aceh: Searching for A Peaceful Conflict Resolution Process.

S3 di Australia

Pada 2010 Raja kembali melanjutkan studi doktoral di School of Political Science and International Studies, the University of Queensland, Australia dan juga mendapat beasiswa dari Australian Development Scholarship (ADS).

Pria asal Riau ini juga telah menyelesaikan pendidikan PhD, dengan disertasi berjudul Religious Peacebuilders: The Role of Religion in Peacebuilding in Conflict Torn Society in Southeast Asia, dengan mengambil studi kasus Mindanao (Filipina Selatan) dan Maluku (Indonesia).

Baca Juga: Hotman Paris Temui Ketua MUI, Minta Maaf Atas Penistaan Agama Holywings

Pernah Jadi Direktur MAARIF Institute

Pengalaman organisasinya, Raja pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif MAARIF Institute (2005-2009) dan pernah menjadi Direktur eksekutif The Indonesian Institute (TII). Raja Juli juga dikenal mahasiswa yang aktif menulis opini di berbagai media nasional.

Bergabung di Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Raja terjun ke dunia politik langsung bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PSI. Saat Pilpres 2019 lalu, Raja Juli Antoni menjadi tim sukses Jokowi – Ma’ruf Amin yang mana pada saat itu ia menjadi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional.

Dilantik jadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Pada Rushaffle kabinet Rabu kemarin, Raja resmi dilantik oleh Jokowi sebagai wakil menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Sebelumnya Juru Bicara PSI, Sigit Widodo tidak mengetahui perihal pelantikan. Namun ia menyebut Raja Juli Antoni akan layak menjadi wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju.

"Saya aminkan kalau Bro Raja Juli Antoni dikabarkan mendapat posisi wakil menteri. Beliau sangat layak jadi wamen," kata Sigit, dikutip dari detikcom.

PenulisR24/tya


Loading...

Loading...