Harga Tiket Pesawat di Indonesia Menggila, Harga Avtur Capai US$ 100 dollar per Liter

Senin, 20 Juni 2022 | 11:02 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Harga avtur masih terpantau mahal. Begitu juga harga tiket pesawat ke beberapa lokasi wisata yang masih melambung tinggi.

Dari data Pertamina, harga avtur per 15-30 Juni 2022 di bandara Soekarno Hatta masih di atas US$ 100 dollar per liter.

Seperti untuk pengisian avtur penerbangan internasional bandara terbesar milik RI dipatok dengan harga US$ 108,5 per liter, sementara domestik US$ 119 per liter.

Baca Juga: Istri Tessy Srimulat Meninggal Dunia Akibat Kencing Manis, Berikut Gejala dan Penyebabnya

Harga ini naik 10% - 11% dari pekan lalu, dimana patokan harga 1 - 14 Juni 2022 dipatok dengan harga US$ 98 per liter untuk penerbangan internasional, dan US$ 107,8 per liter untuk domestik.

Namun jika dibandingkan awal tahun 2022, harga ini sudah terbang jauh sekitar 56% - 58% dibandingkan awal tahun, dengan harga patokan US$ 69 per liter untuk penerbangan internasional, dan US$ 75,4 per liter untuk penerbangan domestik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,sebelumnya menjelaskan mahalnya harga tiket pesawat disebabkan peningkatan harga avtur dan menurunnya jumlah pengoperasian pesawat. Dan masalah ini harus diselesaikan dengan banyak stakeholder.

"Berkaitan dengan tiket pesawat memang ada satu hal yang kita harus selesaikan bersama," katanya Budi beberapa waktu lalu.

Sampai saat ini harga tiket pesawat seperti untuk penerbangan domestik maupun internasional juga masih terpantau mahal.

Harga Tiket Menggila

Seperti untuk tujuan Jakarta-Singapura (22/9/2022) melansir platform penjualan tiket, dipatok dengan harga Rp 7,5-10 juta untuk sekali jalan penerbangan langsung menggunakan Batik Air dan KLM.

Baca Juga: Lah! Pimpinan KPK Lili Bakal Diadili Etik Lagi

Sementara untuk penerbangan transit menggunakan Philippine Airlines dibanderol dengan harga Rp 19-21 juta.

Adapun untuk penerbangan Jakarta - Bali pada tanggal yang sama harus ditebus dengan harga Rp 1,3 - 1,8 juta, penerbangan ekonomi (direct), menggunakan maskapai Lion Air, Super Air Jet, Air Asia, Nam Air dan lainnya.

PenulisR24/zura


Loading...

Loading...