Kiromal Katibin Atlet Panjat Tebing Indonesia, Pecahkan Rekor Dunia dengan Waktu 5,04 detik

Jumat, 01 Juli 2022 | 15:30 WIB
Kiromal Katibin Atlit Panjat Tebing Indonesia yng berlaga di Negeri Paman Sam/kompas.com Kiromal Katibin Atlit Panjat Tebing Indonesia yng berlaga di Negeri Paman Sam/kompas.com

RIAU24.COM - Atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin kembali memecahkan rekor panjat tebing dunia yang sebelumnya tercatat atas nama dirinya sendiri.

Kiromal melakukannya usai membukukan waktu 5,04 detik pada babak kualifikasi nomor speed putra dalam ajang Speed and Lead World Cup di Villars, Swiss, Jumat (1/7), seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga: Harry Kane: Secara Keseluruhan Kami Tidak Pantas Dapat Satu Poin Pertandingan

Dalam laman resmi Federasi Olahraga Panjat Tebing Internasional (IFSC), disebutkan Kiromal dua kali melakukan pemecahan rekor di Swiss.

Sebelum membukukan catatan waktu 5,04 detik, pada hari yang sama dia lebih dulu melibas dinding setinggi 15 meter dengan 5.09 detik.

Dikutip dari cnnindonesia.com, Torehan waktu di Swiss lebih baik dari sebelumnya saat dia tampil di nomor speed putra pada babak kualifikasi di World Cup International Sport Climbing (IFSC) di Salt Lake City, Amerika Serikat dengan catatan waktu 5,10 detik pada 27 Mei lalu.

Ini merupakan kali kelima secara keseluruhan atau ketiga sepanjang tahun ini nama Kiromal tercatat sebagai pemegang rekor dunia untuk nomor speed putra.

Kali pertama Katibin menobatkan diri sebagai pemegang rekor dunia saat tampil di Salt Lake City dengan torehan waktu 5,25 detik pada 28 Mei 2021.

Kemudian rekor tersebut sempat dipecahkan oleh sesama atlet Indonesia Veddriq Leonardo pada hari yang sama dengan 5.20 detik.

Baca Juga: Pelatih Chelsea Thomas Tunchel Kritik Keras Sikap Wasit, Usai Anak Asuhannya Kalah dari Tottenham

Lalu, Kiromal kembali menyandang status pemegang rekor dunia di Seoul, Korea Selatan dengan 5,17 detik sebelum mempertajamnya di Salt Lake City pada 27 Mei 2022.

Pada babak kualifikasi Speed and Lead World Cup di Swiss, Kiromal berada di atas dua wakil Cina Long Chao dan Jianguo Long yang menempati urutan kedua dan ketiga yang sama-sama membukukan waktu 5,21 detik.

Wakil Indonesia lainnya Veddriq berada di urutan ke delapan dengan 5,37 detik dan diikuti Alfian Muhammad Fajri di posisi ke sembilan dengan 5,43 detik serta Rahmad Adi Mulyono di bawahnya dengan 5,45 detik.

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...