PTPN V Distribusikan 28.000 Paket Daging Bebas PMK

Senin, 11 Juli 2022 | 11:44 WIB
Petugas kurban mengolah daging kurban sebelum disalurkan ke mereka yang membutuhkan. PTPN V menyalurkan sedikitpun 28.000 paket kurban kepada masyarakat pada perayaan Idul Adha 1443 Hijriah Petugas kurban mengolah daging kurban sebelum disalurkan ke mereka yang membutuhkan. PTPN V menyalurkan sedikitpun 28.000 paket kurban kepada masyarakat pada perayaan Idul Adha 1443 Hijriah

RIAU24.COM - Anak usaha Holding Perkebunan Nusantara III Persero, PT Perkebunan Nusantara V menyalurkan sedikitnya 28.000 paket daging kurban kepada masyarakat sebagai bagian dari mendukung langkah pemerintah memperkuat ketahanan pangan dalam perayaan Iduladha 1443 Hijriah tahun ini.

Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko Santosa dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Senin (11/7/2022) mengatakan puluhan ribu paket daging kurban yang berasal dari penyembelihan 304 ekor sapi dan 25 ekor kambing di berbagai kabupaten di Riau itu sebagian besar merupakan sumbangan karyawan dan sebagian lainnya merupakan implementasi program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL). 

Ia memastikan, pengadaan hewan kurban tersebut telah melewati proses screening  hasil kolaborasi bersama instansi terkait untuk memastikan hewan kurban yang sehat dan bebas dari wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). 

"Insya Allah, kesehatan hewan terbebas dari PMK adalah protokol pertama yang kita terapkan sebelum membeli hewan kurban tahun ini," kata Jatmiko.

Baca Juga: Unsur Pimpinan DPRD Inhil Terima Kunjungan Kapolres AKBP Norhayat SIK

Di Kota Pekanbaru, pelaksanaan sebanyak 12 ekor sapi kurban berlangsung di Kantor Pusat PT Perkebunan Nusantara V, Jalan Rambutan, Kota Pekanbaru, Riau pada Ahad kemarin (10/11/2022). Sementara, pelaksanaan kurban ratusan hewan kurban lainnya berlangsung di unit kerja baik pabrik maupun kebun di seluruh penjuru Bumi Lancang Kuning di hari yang sama. 

"Alhamdulillah. Di tahun ini, PTPN V dan para karyawan masih diberikan rezeki untuk berbagi melalui pelaksanaan kurban. Selain sebagai wujud keimanan, kita berharap dapat memperkuat ketahanan pangan di tengah pandemi," tuturnya.

Jatmiko menjelaskan rezeki yang diberikan Allah SWT kepada segenap insan PTPN V yang mampu melewati masa sulit akibat pandemi beberapa waktu lalu adalah momen tepat bagi segenap karyawan untuk menyisihkan rezeki melalui pelaksanaan kurban dan membantu mereka yang membutuhkan.

Ia bersyukur, dengan izin Yang Maha Kuasa, PTPN V mampu menghadapi segala bentuk perubahan yang berlangsung begitu cepat hingga perusahaan pelat merah tersebut tidak hanya bertahan, bahkan berhasil mengukir prestasi dengan memecahkan rekor laba tertinggi sepanjang perusahaan yang bergerak di sektor agroindustri itu berdiri pada tahun 2021 lalu. 

Untuk itu, lanjutnya, peringatan Iduladha menjadi momen yang tepat untuk menunjukkan rasa syukur kepada Sang Khalik atas rezeki dan keberkahan yang diberikan kepada perusahaan dan karyawan.

"Pelaksanaan kurban menjadi bentuk ucapan rasa syukur kita dan kepada Allah subhanahu wata'ala. Semoga dengan pelaksanaan kurban ini bisa menjadi ladang amal serta meningkatkan iman dan taqwa kita. Sehingga insan PTPN V diberikan keberkahan untuk terus berkarya dan tumbuh positif dalam membantu pemerintah memulihkan ekonomi," lanjut dia. 

Ia mengatakan daging kurban yang telah disembelih nantinya akan dibagikan kepada masyarakat di ratusan desa, terutama desa-desa yang berada di sekitar unit perkebunan dan pabrik kelapa sawit PTPN V yang tersebar di enam kabupaten dan kota di Bumi Lancang Kuning.

"Kami mengucapkan selamat hari raya Iduladha. Semoga langkah kami dapat bermanfaat bagi masyarakat semua dan membawa berkah bagi kita semua. Tetap utamakan protokol kesehatan dan mari bersama kita akhiri pandemi ini," ucapnya.

Baca Juga: Satu Tahun Alih Kelola PHR Gelar Silaturahmi dengan Kepala Daerah di Riau

Saban tahun, PTPN V kerap melaksanakan penyembelihan hewan kurban dengan jumlah yang cukup besar. Pada tahun lalu, juga lebih dari 300 ekor sapi dikurbankan dan dagingnya disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

Ketua Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan – Perkebunan PTPN V (SPTP-BUN PTPN V), Asmanudin Sinaga menambahkan bahwa semangat karyawan dalam berkurban merupakan bentuk syukur atas limpahan berkah dan nikmat yang diberikan Allah SWT kepada perusahaan plat merah tersebut.

Terutama, lanjutnya, dengan perkembangan positif perusahaan dalam tiga tahun terakhir serta berhasil menorehkan laba tertinggi sepanjang sejarah pada 2021 lalu.

"Alhamdulillah, karyawan PTPN V memiliki semangat yang sangat tinggi untuk melaksanakan ibadah kurban. Saya kira hal ini adalah bagian dari ungkapan rasa syukur kita kepada Yang Kuasa atas segala nikmat dan keberkahan yang kita peroleh selama ini. Mewakili segenap karyawan PTPN V, kami mengucapkan selamat Idul Adha 1443 Hijriah kepada saudara-saudara kami yang merayakannya," urainya.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...