Jaga Data Pribadi, Berikut Fitur Instagram yang Penting Digunakan oleh Pengguna

Selasa, 12 Juli 2022 | 14:10 WIB
Instagram /pixabay Instagram /pixabay

RIAU24.COM - Memasuki era revolusi industri 4.0, masyarakat dunia saat ini beralih menggunakan teknologi berbasis jaringan internet dan serba digital.

Adanya teknologi maju seperti sekarang ini dapat memberikan dampak yang besar untuk meningkatkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Zaman dulu masih melakukan komunikasi face to face sekarang menjadi computer mediated communication atau

Salah satu kemajuan teknologi adalah terciptanya media sosial. Media sosial merupakan media online berbasis internet yang memberikan fasilitas kepada penggunanya dalam berkomunikasi, mengunggah foto, mengunggah video, dan lainnya.

Baca Juga: Musk Sebut Apple Mengancam Akan Memblokir Twitter Dari App Store

Satu diantara macam media sosial adalah Instagram. Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menggunakan filter yang tersedia, lalu membagikannya.

Dikutip dari kompasiana.com, meningkatnya teknologi berbasis jaringan internet yang lebih maju, tidak menutup kemungkinan terjadinya tindak kriminal dalam bermedia sosial. Misalnya, seperti kasus peretasan data yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Pengguna disarankan untuk mengganti password instagram secara rutin yang terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan karakter yang sulit.

Baca Juga: Rayakan Era Jaringan Baru, Collabonation Tour Bersama Isyana Sarasvati, Kunto Aji, dan Tuan TigaBelas Hadir Menyapa Kota Medan

Untuk menjaga data pribadi, pengguna instagram dapat mengaktifkan fitur verifikasi atau otentikasi sebagai langkah untuk melindungi akun media sosial khususnya instagram.

Fitur ini dapat mengurangi terjadinya tindak kriminal yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab yang akan meretas data akun pribadi pengguna.

Untuk itu, perlu adanya kesadaran bagi diri sendiri terhadap pentingnya menjaga data pribadi dalam menggunakan media sosial, khususnya Instagram.***

/(dil)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...