5 Penyebab Rem Blong yang Harus Diketahui, Agar Terhindar Dari Kecelakaan Fatal Seperti di Cibubur

Selasa, 19 Juli 2022 | 07:36 WIB
Foto : Penyebab Rem Blong yang Harus Diketahui Foto : Penyebab Rem Blong yang Harus Diketahui

RIAU24.COM -  Indonesia dikejutkan dengan kecelakaan fatal yang terjadi di Jalan Alternatif Transyogi Cibubur, tepatnya di depan Mitra 10 dan CBD Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, Senin 18 Juli 2022 sore.

Truk tangki diduga mengalami rem blong kemudian menabrak sejumlah kendaraan mulai mobil pribadi dan sepeda motor yang tengah berhenti di persimpangan karena lampu merah. 

Dari laporan Polda Metro Jaya, terdapat 11 korban jiwa dari pengendara sepeda motor. 

Baca Juga: Tampil Lebih Sporty, New Honda Vario125 Siap Bikin Bangga Penggunanya

Kejadian serupa belum lama ini juga terjadi, yakni kecelakaan maut truk tabrak dari belakang di Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat, 21 Januari 2022. 

Pada kejadian itu, truk tronton mengalami rem blong dan menabrak enam mobil dan 10 sepeda motor yang juga lagi berhenti di persimpangan jalan, sambil menunggu lampu merah. Akibatnya, 21 orang meninggal dunia.

Informasi penyebab rem blong memang patut diketahui dan dipahami oleh pengendara mobil. 

Sebagai salah satu sistem keselamatan paling penting di dalam mobil, pengereman harus berfungsi dengan maksimal setiap digunakan. 

Namun ketika rem ambles atau sudah blong, maka sistem pengereman tidak mampu bekerja dengan baik. Bahkan tidak berfungsi sama sekali. Hal ini membuat kecelakaan semakin mudah terjadi. 

Masalah ini memiliki berbagai penyebab yang dapat diketahui melalui informasi di bawah ini.

 
Macam-macam Penyebab Rem Blong
Total ada lima penyebab dari masalah rem blong. Sebenarnya rem blong bisa saja dihindari asalkan selalu memeriksa kondisi mobil sebelum menggunakannya. 

Namun ketika mobil juga jarang dirawat atau service secara berkala, maka hanya perlu menunggu waktu saja hingga masalah ini muncul. Inilah barisan penyebabnya.

 
1. Kurangnya Minyak Rem
Penyebab pertama dari masalah rem blong adalah kekurangan minyak rem. Kondisi ini membuat sistem pengereman mobil menjadi semakin sulit untuk dikendalikan. 
Hasilnya apa? 
Ketika mobil melaju dan ingin dihentikan, maka rem tidak akan bekerja maksimal. Mobil menjadi sulit berhenti, bahkan dapat menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, Anda harus memastikan ketersediaan minyak rem dalam kondisi yang cukup

 

Baca Juga: BMW Mulai Produksi Sel Bahan Bakar untuk Hidrogen-Listrik X5


2. Kualitas Minyak Rem yang Buruk
Minyak rem terdiri dari berbagai macam merek. Tentu saja hal ini membuat kualitas yang dihadirkan juga berbeda-beda.

Kondisi ini membuat Anda harus menggunakan kualitas minyak rem yang baik. Jika malah menggunakan minyak rem dengan kualitas buruk, sudah pasti dapat memengaruhi suhunya.

Suhunya bahkan bisa menjadi lebih tinggi di atas tingkat kewajaran dan membawa masalah, seperti rem blong ini. 
 
3. Dipengaruhi Uap Air
Uap air juga bisa menjadi penyebab dari rem blong. Mengapa hal ini bisa memengaruhi? Ketika ada udara masuk ke dalam sistem pengereman, maka muncul uap air.

Uap air ini dihasilkan dari proses oksidasi. Sayangnya, keberadaan uap air dapat mengganggu sistem pengereman mobil Anda. Ketika dibiarkan terus menerus, uap air mampu membuat minyak rem terasa panas.

Ketika minyak terasa panas, sistem pengereman pun terganggu sehingga tekanan di dalamnya turun yang mengakibatkan rem tidak bisa berfungsi dengan optimal.


4. Sering Menginjak Pedal Rem Terlalu Lama
Kebiasaan sering menginjak pedal rem terlalu lama dapat menyebabkan blong. 

Masalah ini muncul karena adanya gaya gesek antara pedal dengan kaki secara terus menerus. Akibatnya, kaliper pun menjadi panas dalam jangka waktu yang lama. 

Kaliper yang terus panas membuat rem mengalami disfungsi hingga akhirnya bisa menjadi blong.

 
5. Jarang Dirawat
Seperti yang telah dijelaskan di atas, jarang merawat sistem pengereman juga mampu menyebabkan masalah blong. Perawatan sistem pengereman memang tidak boleh terlewatkan. 

Fitur dari komponen ini sangatlah penting dalam menjaga keselamatan diri Anda beserta keluarga selama berkendara.  

Kalau Anda masih cuek dengan perawatan sistem pengereman, maka hanya tinggal menunggu waktu saja sampai masalah rem blong muncul.  ***
 

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...