DPRD Bengkalis Gelar Sidang Paripurna Sempena Hari Jadi Bengkalis ke 510

Sabtu, 30 Juli 2022 | 12:40 WIB
Sidang Paripurna Hari Jadi Bengkalis ke 510 Sidang Paripurna Hari Jadi Bengkalis ke 510

RIAU24.COM -BENGKALIS - Dewan perwakilan rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah kabupaten Bengkalis, Sabtu 30 Juli 2022 menggelar rapat paripurna sempena Hari Jadi ke 510 Bengkalis.

Rapat paripurna tersebut dilaksanakan dilantai II kantor DPRD Bengkalis Jalan Antara, Kecamatan Bengkalis. Adapun sidang rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua I DPRD Bengkalis Syahrial ST MSi, Wakil Ketua II Sofyan dan Syaiful Ardi Wakil Ketua III yang dihadiri langsung Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wabup Bagus Santoso serta Forkopimda Bengkalis.

Sedangkan untuk undangan dihadiri Asisten II bagian ekonomi dan keuangan Provinsi Riau Tengku Fauzan, perwakilan DPRD Riau Sunario dan Ketua DPRD Kab Meranti Iskandar Budiman.

Bupati Bengkalis Kasmarni dalam sambutannya menyampaikan puji syukur kehadirat allah swt, tuhan yang maha esa, berkat qudrat dan irodat-nya, kita dapat hadir, guna mengikuti serangkaian kegiatan sidang paripurna istimewa sempena hari jadi ke 510 bengkalis tahun 2022 ini.

Baca Juga: Wabup Bengkalis Pimpin Apel Hari Jadi Provinsi Riau ke 65

Sebagaimana momentum peringatan hari jadi, tentunya kesempatan ini kita gunakan sedikit melihat kebelakang, bahwa lebih dari sekedar saksi sejarah, kota Bengkalis merupakan bagian integral perjuangan putra putri terbaik di negeri ini, berjuang bersabung nyawa melawan keangkuhan portugis pada tahun 1512 atau ± 510 tahun silam.

"Dalam catatan sejarah, memperlihatkan bahwa bengkalis memainkan peranan yang cukup penting dalam kancah perebutan pengaruh perdagangan di kawasan selat melaka. Karena letaknya di posisi yang sangat strategis. Dan telah menjadikan Bengkalis sebagai pulau rebutan dari berbagai kekuatan besar, Bengkalis adalah tempat persinggahan bagi pedagang dan saudagar dari pedalaman sumatera," ungkap Kasmarni.

Menurutnya, peristiwa kemenangan suku senggeren dari Bengkalis inilah yang menjadi dasar tim pencari data perumus hari jadi Bengkalis, yang telah dibentuk Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis pada saat itu, dengan mengambil kesimpulan dan mengusulkan hari jadi Bengkalis jatuh pada 30 juli 1512. Kemudian disahkan dengan peraturan daerah nomor 20 tahun 2004 tentang hari jadi Bengkalis.

"Sebagai masyarakat Bengkalis, mari kita jadikan hari kelahiran Bengkalis ini, sebagai sebuah inspirasi dan motivasi sekaligus sinergi, untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan kota ini, dengan karya, inovasi dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja yang produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan  yang lebih bermarwah, maju dan sejahtera," ucapnya.

"Untuk itu kami berharap, peringatan hari jadi bengkalis tahun ini menjadi momentum untuk kita bersama sama melakukan perubahan, bukan saja demi kepentingan pribadi, keluarga, dan masyarakat, tetapi juga bagi nilai-nilai kemanusiaan dalam ruang lingkup yang lebih luas,"sambung Kasmarni.

Baca Juga: Bupati Kasmarni Hadiri Upacara Hari Jadi Prov Riau ke 65

Secara khusus, ungkap Kasmarni, turut mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi-tingginya kepada para pendahulu yang pernah memimpin Bengkalis, para sesepuh, alim ulama, tokoh pendidikan, dan seluruh warga Bengkalis yang telah mewarnai perubahan. Semoga sumbangsih ini menjadi tanda mata bagi generasi saat ini dan bagi generasi dimasa yang akan datang.

"Selamat hari jadi ke-510 Bengkalis, dan mari kita kuatkan sinergi untuk Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera. Semoga allah swt, tuhan yang esa, senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk-nya kepada kita semua,"pungkasnya.

 

PenulisR24/hari


Loading...

Terpopuler

Loading...