Jam Tangan Hitler Dijual Dengan Harga Super Fantastis di Amerika Serikat, Cek Faktanya... 

Minggu, 31 Juli 2022 | 19:33 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM - Melestarikan sejarah tidak pernah mudah. 

Berbicara tentang sejarah, baru-baru ini, sebuah jam tangan yang dikatakan milik diktator Nazi, Adolf Hitler, dijual kepada pembeli anonim seharga USD 1,1 juta di Alexander Historical Auctions di Maryland. 

Lelang ini telah menarik banyak perhatian dan sebagian besar dilihat dengan cermat. 

Baca Juga: Meninggal Karena Bunuh Diri di Amerika, Pria Ini Desak Pemerintah India Untuk Membawa Kembali Jasad Sang Adik ke Kampung Halaman


Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh kantor berita, IANS, jam tangan itu dijual di AS meskipun ada kekhawatiran dari anggota komunitas Yahudi. 

Arloji itu dibuat oleh perusahaan jam tangan Jerman Huber, yang memiliki inisial AH terukir di atasnya.

Menurut rumah lelang, jam tangan itu kemungkinan diberikan kepada Hitler pada hari ulang tahunnya yang ke-44 , 20 April 1993, tepat saat ia menjadi Kanselir Jerman.

Rumah lelang berurusan dengan tanda tangan bersejarah, dokumen, dan foto, militer dari semua konflik, dan peninggalan penting.

Tidak ada jaminan penuh bahwa memorabilia dari era Nazi ini adalah milik Hitler. 

Menurut laporan BBC, “Dokumen yang dipasok oleh rumah lelang menyatakan bahwa itu tidak dapat memberikan bukti bahwa Hitler benar-benar memakai jam tangan itu. Tetapi penilaian oleh spesialis independen menyimpulkan bahwa 'kemungkinan besar' itu miliknya.”

Dikatakan bahwa arloji itu diambil sebagai suvenir perang ketika sekelompok sekitar 30 tentara Prancis menyerbu Berghof, tempat peristirahatan gunung Hitler pada 4 Mei 1945.

Baca Juga: Dianiaya Seekor Anjing Pit Bull, Wanita Gurugram Ini Alami Luka Serius


Di antara anggota kelompok itu adalah Sersan Robert Mignot, yang kembali ke Prancis dengan arloji itu, menjual kembali arloji itu kepada sepupunya, menurut rumah lelang.

Arloji itu tetap menjadi milik eksklusif keluarga Mignot dan belum pernah ditawarkan untuk dijual sebelumnya, tambahnya.

Menurut katalog produk di rumah lelang, jam tangan dan sejarahnya telah diteliti oleh beberapa pembuat jam tangan dan sejarawan militer yang paling berpengalaman dan disegani di dunia, semuanya telah menyimpulkan bahwa itu asli dan memang milik Adolf Hitler.

Sejarah Nazi yang brutal masih memiliki kesan mengerikan yang tertanam dalam komunitas Yahudi dan juga di seluruh dunia. 

Tidak ada yang berhubungan dengan diktator Nazi yang akan diselesaikan dengan mudah. 

Demikian pula, pelelangan jam tangan ini menimbulkan kekhawatiran dari komunitas Yahudi.

Sebuah surat terbuka ditandatangani oleh 34 pemimpin Yahudi yang menggambarkan penjualan itu sebagai "menjijikkan" dan meminta barang-barang Nazi ditarik dari pelelangan, yang juga termasuk gaun milik istri Hitler Eva Braun, foto-foto bertanda tangan pejabat Nazi dan sebuah kain kuning Bintang Daud dicetak dengan kata "Jude", yang merupakan bahasa Jerman untuk orang Yahudi.

Rabbi Menachem Margolin, ketua Asosiasi Yahudi Eropa mengatakan transaksi itu memberikan "bantuan bagi mereka yang mengidealkan apa yang diperjuangkan partai Nazi".

Berbicara kepada media Jerman sebelum penjualan, Wakil Presiden Senior Alexander Historical Auctions Mindy Greenstein mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk melestarikan sejarah, dan bahwa sebagian besar barang yang terjual disimpan dalam koleksi pribadi atau disumbangkan ke museum Holocaust.

"Apakah sejarah baik atau buruk, itu harus dilestarikan," katanya seperti dikutip BBC kepada Deutsche Welle. "Jika Anda menghancurkan sejarah, tidak ada bukti bahwa itu terjadi".

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...