Diusianya yang ke 72 Tahun, Wanita Ini Jadi Wanita Terkaya di Asia, Segini Jumlah Kekayaannya

Senin, 01 Agustus 2022 | 07:27 WIB
Foto : Savitri Jindal Foto : Savitri Jindal

RIAU24.COM - Dia mengambil alih konglomerat baja dan kekuasaan suaminya Om Prakash Jindal setelah kematian mendadak suaminya pada tahun 2005. 

Saat ini, dia bukan hanya wanita terkaya di India tetapi juga di Asia.

Savitri Jindal adalah wanita berpenampilan sederhana dan rendah hati serta satu-satunya wanita yang masuk dalam 10 besar daftar orang India terkaya versi Forbes pada tahun 2021. Jindal, 72, melampaui Yang Haiyan, yang kehilangan lebih dari 52% kekayaan bersihnya dalam kekalahan sektor real estat China.

Baca Juga: Rumah Mode Mewah Gucci Menjadi Merek Dunia Pertama yang Mengadopsi Crypto ApeCoin Sebagai Pembayaran

Yang, yang memiliki kekayaan USD11,3 miliar, sebelumnya memiliki kekayaan sekitar USD24 miliar, tetapi itu pada tahun 2021.

Setelah krisis real estat, ia kehilangan kekayaan USD11 miliar tahun ini dan juga kehilangan peringkatnya dalam indeks miliarder karena Jindal.

Dia juga tergelincir di bawah sesama taipan China Fan Hongwei, yang kekayaannya berasal dari perusahaan serat kimia Hengli Petrochemical Co.

Ini merupakan penurunan dramatis bagi Yang, yang pada tahun 2005 mewarisi saham ayahnya di pengembang real estat, menjadi salah satu miliarder termuda di planet ini. Selama lima tahun terakhir dia menjadi wanita terkaya di Asia, mencerminkan pesatnya pertumbuhan sektor properti China.

Baca Juga: Trending 1 Twitter, Korea Selatan Alami Hujan Deras Hingga Banjir Bandang Rendam Kota Seoul

Kekayaan bersih Savitri meningkat lebih dari tiga kali lipat dari USD4,8 miliar beberapa bulan lalu menjadi USD17,7 miliar saat ini.

Kekayaannya naik roller-coaster karena turun 50% pada 2019 dan 2020. Dari USD8,8 miliar pada 2018, kekayaan bersihnya turun menjadi USD5,9 miliar pada 2019 dan kemudian menjadi USD4,8 miliar pada 2020.

Tapi hari ini, dia memiliki kekayaan bersih USD18 miliar berkat konglomeratnya Jindal Group, yang terlibat dalam industri termasuk logam dan pembangkit listrik. Perusahaan ini adalah produsen baja terbesar ketiga di India dan juga beroperasi di bidang semen, energi, dan infrastruktur.

Dia masuk dalam daftar 10 orang terkaya India pada tahun 2021 ketika kekayaannya menyentuh USD18 miliar pada tahun 2021.

Dia secara konsisten menduduki peringkat wanita terkaya India oleh Forbes selama beberapa tahun terakhir. Dia diikuti oleh Kiran Mazumdar dan Crishna Godrej dari Biocon.

Jindal juga merupakan orang terkaya ke-10 di negara berpenduduk sekitar 1,4 miliar tersebut. Dia menjadi ketua Grup Jindal tak lama setelah suaminya, pendiri OP Jindal, meninggal dalam kecelakaan helikopter pada tahun 2005.

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...