Bill Russell Meninggal Dunia, Legenda NBA dan Boston Celtics Itu Tuai Salam Perpisahan dari Barack Obama

Senin, 01 Agustus 2022 | 08:31 WIB
Potret Kebersamaan Bill Russell dengan Baarack Obama Mantan Presiden Amerika Serikat/cnbc Potret Kebersamaan Bill Russell dengan Baarack Obama Mantan Presiden Amerika Serikat/cnbc

RIAU24.COM - Bill Russell dilaporkan meninggal dunia pada usia 88 tahun,  Seorang yang dikenal legendaris NBA dan klub Boston Celtics.

Laporan Bill Russell dikonfirmasi melalui sebuah pernyataan yan diungggah di akun Twitter pada Minggu (31/7/2022) waktu setempat.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Piala AFF U-16 2022 Hari Ini: Indonesia vs Myanmar, Siapa yang Akan Lolos ke Final?

Dalam pernyataan tersebut dijelaskan, bahwa Bill Russell meninggal dunia di sisi istrinya, Jeannine.

“Bill Russell, pemenang paling prosuktif dalam sejarah olahraga Amerika, meninggal dengan tenang hari ini dalam usia 88 tahun, bersama istrinya, Jeannine di sisinya,” demikin isi unggakan Twitter sang legenda.

Unggahan kabar duka tersebut disusul dengan sederet ucapan belasungkawa dari sejumlah tokoh, salah satunya mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Barack Oabama menyebutkan kepergian Bill Russell adalah sebuah kehilangan besar bagi dunia olahraga.

“Hari ini, kami kehilangan seorang  raksasa. Setinggi Bill Russell berdiri, warisannya meningkat jauh lebih tinggi, baik sebagai pemain maupun sebagai suatu perbadi,” tulis Barack Obama di akun Twitter pribadinya.

“Mungkin lebih dari siapa pun, Bill tahu apa yang diperlukan untuk mennag dan apa yang diperlukan untuk memimpin,” lanjut Obama.

Selain itu, Barack Obama juga mengenang  keaktivan Bill Russell yang dikenal sebagai salah satu pelopor hak-hak sipil di Amerika Serikat.

“Di lapangan, dia adalah juara terbesar dalam sejarah bola basket. Di luar itu, dia dalah seorang pelopor hak-hal sipil yang berbasis bersama Martin Luther King Jr dan berdiri bersama Muhammad Ali,” demikian pernyataan Barack Obama.

Ketika masih berkarier, Bill Russell dikenal sebagai pemain yang kuat dalam bertahan.  Bermodalkan kekuatan itu, Bill Russell berhasil mempersembahkan 11 gelar juara dalam 13 tahun kariernya bersama Boston Celtics, dikutip dari kompas.

Baca Juga: Profil Biodata dan Agama Muhammad Iqbal Gwijagge, Kapten Timnas Indonesia U-16 yang Diangkat Anak Ketum PSSI

Dia juga merupakan seorang Hall of Famer yang tercatat pernah lima kali menjadi MVP dan 12 kali masuk dalam tim All-Star NBA. Di samping itu, Bill Russell juga memiliki sederet catatan impresif selama aktif berkarier.

Dia kemudian pensiun dengan total raihan 21.620 rebound dan rata-rata 22,5 poin per pertandingan. Terkini, dengan warisan prestasi yang memukau, nama Bill Russell diabadikan menjadi trofi MVP Final NBA.

(***)
 

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...