Profil Kaka Striker 14 Tahun Timnas U-16 Indonesia, Pencetak Gol Terbaik Sejak Debut

Senin, 01 Agustus 2022 | 10:07 WIB
Potret Arkhan Kaka Striker Timnas Indonesia U-16/kalimantanlive Potret Arkhan Kaka Striker Timnas Indonesia U-16/kalimantanlive

RIAU24.COM - Stiker Timnas U-16 yang tampil apik saat mengalahkan Filipina dengan skor 2-0, bernama Arkhan Kaka Putra.

Laga Piala AFF U-16 2022 perdana dari Grup A, Indonesia vs Filipina yang diselenggarakan di Stadion Maguwoharjo, Minggu (31/7/2022) malam WIB.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Piala AFF U-16 2022 Hari Ini: Indonesia vs Myanmar, Siapa yang Akan Lolos ke Final?

Kaka diktehuai telah memberi konstribusi penting untuk dua gol Garuda Asia yang bersarang ke gawang Filipina.

Pemian yang berusi 14 tahun itu mencetak gol dan menjad penyebab pemian Filipina melakukan gol bunuh diri.

Gol bunuh diri pemian Filipina, dibuat oleh Jared Pena saat laga baru berjalan tiga menit terjadi karena salah mengantisipasi umpan Kaka.

Kaka lantas menempatkan namanya di papan skor usai mencetak gol yang membawa Indonesia menang 2-0 di babak kedua.

Kaka merupakan pemain muda kelahiran Blitar pada 2 September 2007 atau sekitar 14 tahun silam. Kaka merupakan putra dari mantan pesepak bola yang pernah berseragam Persija Jakarta, Purwanto Suwondo.

Jalan karier Arhan di sepak bola bermulai dari SSB Tunas Muda Blitar. Pemain yang menempati posisi striker ini kemudian sempat memperkuat Bhayangkara FC di Elite Pro Academy U-16.

Bersama Bhayangkara FC, Kaka memperlihatkan penampilan yang baik. Pemilik nama yang sama dengan mantan pemain timnas Brasil, Ricardo Izecson dos Santos Leite alias Kaka itu sukses menjaringkan sembilan gol.

Baca Juga: Profil Biodata dan Agama Muhammad Iqbal Gwijagge, Kapten Timnas Indonesia U-16 yang Diangkat Anak Ketum PSSI

Kiprahnya bersama Timnas Indonesia U-16 juga tidak berjalan mulus. Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti mengungkapkan Kaka sempat dicoret pada seleksi tahap awal hingga akhirnya berhasil membuktikan layak berseragam timnas.

"Sempat kecoret di seleksi awal, waktu bulan Mei 2021. Seleksi dari 169 pemain, termasuk Kaka kita coret. Ternyata dia bisa bangkit saat ikut Elite Pro Academy Bhayangkara U-16 dia bisa jadi salah satu topskor Bhayangkara FC," ujar Bima, dikutip dari CNN.

(***)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...