Haji 2022: Jemaah Indonesia Sakit, Perawatan Dibiayai oleh Pemerintah Alias Gratis

Selasa, 02 Agustus 2022 | 09:09 WIB
Jemaah haji Indonesia yang sakit biayanya akan ditanggung oleh pemerintah sampai sembuh /kabarmakkah.com Jemaah haji Indonesia yang sakit biayanya akan ditanggung oleh pemerintah sampai sembuh /kabarmakkah.com

RIAU24.COM - Selama masa opersional haji, jemaah Indonesia">Indonesia yang sakit tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatan karena semua biaya ditanggung oleh Pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Profil AKP Komang Yogi Arya Wiguna, Mantan Suami AKP Rita Yuliana yang Pernah Dapat Penghargaan dari Komnas PA

Semua biaya tersebut tidak terkecuali bagi jemaah Indonesia yang dirawat di Rumah Sakit (RS) Arab Saudi maupun di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Diketahui pembiayaan untuk jemaah haji secara gratis ini akan dilakukan sampai operasional haji berakhir.

"Jadi memang selagi masih menjadi jemaah ini tanggungan pemerintah," kata Saiful Mujab selaku Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama di KKHI Makkah, Minggu (31/7/2022) dikutip haji.okezone.com.

Saiful mengatakan, pemerintah akan menanggung biaya sampai jemaah haji yang bersangkutan dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke tanah air. Namun, jika sakit kembali menjadi tanggung jawab pribadi.

"Jadi sampai kapanpun dia sakit, sampai dia sembuh dinyatakan pulang masih tanggung jawab pemerintah. Baru setelah pulang sampai rumah ya udah selesai. Kalau sudah pulang sampai rumah ya sudah serah terima sudah tanggung jawab sendiri," ujarnya.

Saiful menambahkan, tanggungan biaya jemaah haji yang sakit tak hanya yang dirawat di KKHI, namun juga untuk jemaah yang berada di RS Arab Saudi akan menjadi tanggung jawab pemerintah sampai dinyatakan sembuh.

"Pernah ada sampai mau musim haji lagi baru pulang. Cuman enggak boleh naik haji lagi," katanya mencontohkan pengalaman jemaah haji yang sakit namun sembuhnya sampai musim haji selanjutnya yang tetap ditanggung oleh pemerintah.

Lebih lanjut, Saiful mengatakan operasional KKHI Daker Makkah akan ditutup pada 5 Agustus 2022 seiring dengan pemberangkatan terakhir jemaah haji dari Makkah ke Madinah.

Baca Juga: Momen Bersejarah Ketika Soeharto Diamkan Ribuan Orang hanya dengan Satu Kata

Sehingga, jika masih ada jemaah sakit yang dirawat akan dipindahkan ke KKHI Madinah.

"Terakhir Makkah tanggal 4 Agustus jam 17.00 waktu Arab Saudi (WAS). Didorong ke Madinah, clear berakhir Makkah selesai. Semoga jemaah selesai bisa ikut ke Madinah," pungkasnya.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...