5 Rekomendasi Makanan Khas Riau yang Wajib Kamu Coba Jika Berwisata ke Pekanbaru

Selasa, 02 Agustus 2022 | 10:34 WIB
Potret Roti Jala Makanan Khas Riau/detikfood.com Potret Roti Jala Makanan Khas Riau/detikfood.com

RIAU24.COM Riau adalah salah satu provinsi di pulau Sumatera yang letaknya cukup strategis Provinsi ini menjadi salah satu tempat wisata favorit karena keunikan budaya dan pastinya makanan khas Riau yang sayang untuk dilewatkan.

Posisinya berdekatan dengan Malaysia dan Singapura yang hanya dibatasi dengan Selat Melaka hal ini membuat Riau secara kultural juga banyak dipengaruhi dengan kebudayaan Melayu, mulai dari logat bicara, seni arsitektur bangunan, sampai urusan kulinernya dikutip dari bukalapak.com, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga: Ditetapkan Sebagai Tersangka, Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati Atas Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir Yoshua

Karena hal ini juga yang membuat Riau secara kultural juga banyak dipengaruhi dengan kebudayaan Melayu, mulai dari logat bicara, seni arsitektur bangunan, sampai ke urusan kulinernya.

Bicara soal hidangan kuliner, setiap orang pasti punya preferensi namun kamu pasti bakal cari tahu dulu soal informasi makanan yang jadi favorit banyak orang.

Buat kamu yang masih bertanya “Menu favoritnya apa ya?” saat datang ke restoran rekomendasi makanan khas Riau ini akan jadi panduan yang berguna.  Nah, kamu cenderung suka kuliner gurih atau manis? Kalau sekalian liburan, kedua jenis santapan tadi pastinya akan kamu cari.

1. Roti Jala


Potret Roti Jala, Makanan Khas Riau/screenshot

Untuk camilan sore ke malam, kamu bisa coba roti jala rti ini biasanya dihidangkan pada acara tertentu saja namun sekarang, kamu sudah bisa menemukannya di setiap sudut kota Riau roti jala dilengkapi dengan kuah kari daging sapi, ayam, atau daging kambing jika suka yang manis terdapat pula roti jala dengan siraman saus manis atau kuah durian.

2. Gulai patin


Contoh Gulai Ikan Patin Khas Riau/orami.ci.id

Salah satu makanan khas Riau ini sudah sangat populer dan jadi hidangan favorit  gulai ikan patin memiliki cita rasa sedap dari bumbu yang kaya rempah ditambahkan kuah santan yang menambah kelezatan gulainya santap gulai ikan patin bersama nasi hangat dan sambal.

Baca Juga: Sophia Latjuba Pilih Kenakan Gaun Rancangan Anak Prabowo Saat Rayakan Ulang Tahun ke-52

3. Sop Tunjang


Potret Sup Tunjang Salah Satu Makanan Khas Riau/detik.com

Sop Tunjang adalah sop yang dimasak dari rebusan tulang sapi dan daging tebal serta dicampur bumbu rempah yang gurih dan sedap. Ditambah dengan taburan bawang goreng dan irisan tipis daun bawang yang semakin menggugah selera makan.

4. Miso bening


Potret Miso Kuah Bening Khas Riau/twitter

 ini juga memiliki kuah yang sangat segar dan juga gurih yang juga dilengkapi dengan beberapa pelengkap seperti ayam yang disuwir- suwir, tahu kering, kerupuk kulit ayam dan juga dilengkapi dengan tulang ayam serta sayuran sawi yang sudah direbus.

5. Ikan Selais Asap


Potret Prosesi Salai, Ikan Patin di Desa Kampung Patin, Kampar, Riau/screenshot

Ikan ini memiliki cita rasa yang sangat khas karena melalui proses pengasapan selama delapan jam lamanya sehingga teksturnya juga sangatlah renyah ketika Anda santap selain sudah diolah berbentuk makanan yang bisa langsung Anda santap, maka ikan selais ini juga bisa Anda jadikan sebagai oleh- oleh tahan lama.

(***)(rsm)

 

PenulisR24/zura


Loading...

Terpopuler

Loading...