Inflasi Juli Korea Selatan Mendekati Level Tertinggi Sepanjang 24 Tahun, Ini Alasannya...

Selasa, 02 Agustus 2022 | 14:13 WIB
Foto : Seorang pekerja kantor makan siang di sebuah toko serba ada di Seoul, Korea Selatan, pada 24 Juni 2022 (Reuters) Foto : Seorang pekerja kantor makan siang di sebuah toko serba ada di Seoul, Korea Selatan, pada 24 Juni 2022 (Reuters)

RIAU24.COM -  Inflasi konsumen Korea Selatan melesat ke level tertinggi hampir 24 tahun pada Juli, data menunjukkan pada Selasa (8 Agustus), mendukung pandangan pasar untuk pengetatan bank sentral lebih lanjut tahun ini.

Indeks harga konsumen (CPI) berdiri 6,3 persen lebih tinggi pada Juli dibandingkan tahun sebelumnya, mempercepat dari kenaikan 6,0 persen yang terlihat pada Juni. Tingkat inflasi Juli adalah laju tercepat sejak kenaikan 6,8 persen pada November 1998.

Baca Juga: Rumah Mode Mewah Gucci Menjadi Merek Dunia Pertama yang Mengadopsi Crypto ApeCoin Sebagai Pembayaran

Data mendukung ekspektasi para ekonom bahwa bank sentral, yang telah menaikkan suku bunga kebijakan menjadi 2,25 persen dari 0,5 persen selama setahun terakhir, akan menaikkan suku bunga lebih jauh.

"Data hari ini menunjukkan tanda-tanda bahwa inflasi akan mulai melambat setelah kuartal saat ini, tetapi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk ekspektasi inflasi mereda karena efek lagging," kata Oh Chang-sob, ekonom di Hyundai Motor Securities.

Indeks naik 0,5 persen pada bulan Juli pada basis bulanan, tepat di atas kenaikan 0,4 persen yang diperkirakan dalam survei ekonom tetapi melambat dari kenaikan 0,6 persen pada bulan Juni, data Statistik Korea menunjukkan.

Baca Juga: Trending 1 Twitter, Korea Selatan Alami Hujan Deras Hingga Banjir Bandang Rendam Kota Seoul

Inflasi inti tahunan, yang tidak termasuk harga makanan dan energi yang bergejolak, mengakhiri percepatan tiga bulan berturut-turut untuk tetap stabil di bulan Juli pada tingkat 3,9 persen yang terlihat di bulan Juni. Itu adalah tanda tentatif bantuan masa depan dari inflasi yang tinggi.

Data Selasa akan menjadi satu-satunya angka inflasi bulanan yang dirilis antara kenaikan suku bunga bank sentral pada Juli dan pertemuan kebijakan berikutnya, bulan ini. Kenaikan Juli, 50 basis poin, lebih besar dari biasanya.

Bank of Korea, yang mulai memperketat kebijakan akhir tahun lalu di depan rekan-rekannya, mengatakan bahwa kenaikan suku bunga besar-besaran pada 13 Juli tidak biasa dan kemungkinan besar akan meningkat 25 basis poin setiap kali di masa depan. 

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...