Sambaran Petir Membunuh Dua Orang di Dekat Gedung Putih

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 08:18 WIB
Kru medis darurat di Pennsylvania Avenue antara Gedung Putih dan Lafayette Park setelah sambaran petir menghantam empat orang, 4 Agustus [@dcfireems via AP] Kru medis darurat di Pennsylvania Avenue antara Gedung Putih dan Lafayette Park setelah sambaran petir menghantam empat orang, 4 Agustus [@dcfireems via AP]

RIAU24.COM - Sebuah sambaran petir menewaskan dua orang dan melukai dua orang lainnya di dekat Gedung Putih di Washington, DC Kamis malam, kata pihak berwenang setempat.

Departemen Kepolisian Metropolitan Washington mengatakan James Mueller, 76, dan Donna Mueller, 75, dari Wisconsin, meninggal karena luka-luka mereka setelah sambaran petir di Lafayette Park , tepat di luar kompleks Gedung Putih.

Baca Juga: Rumah Mode Mewah Gucci Menjadi Merek Dunia Pertama yang Mengadopsi Crypto ApeCoin Sebagai Pembayaran

Dua orang lainnya - seorang pria dan seorang wanita - masih dalam kondisi kritis, kata departemen kepolisian, tanpa mengidentifikasi mereka.

DC Fire dan EMS mengatakan bahwa Polisi Taman AS dan agen Dinas Rahasia berseragam, yang bertugas melindungi Gedung Putih, telah membantu memberikan bantuan kepada empat korban setelah sambaran petir.

Seorang juru bicara mengatakan keempatnya menderita cedera "kritis, yang mengancam jiwa", dan diangkut ke rumah sakit daerah pada Kamis malam.

"Kami sedih dengan hilangnya nyawa yang tragis setelah sambaran petir di Lafayette Park," kata sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam sebuah pernyataan.

“Hati kami bersama keluarga yang kehilangan orang yang dicintai, dan kami berdoa untuk mereka yang masih berjuang untuk hidup mereka.”

Washington mengalami badai petir pada hari Kamis setelah lonjakan suhu minggu ini.

Layanan Cuaca Nasional telah memperingatkan bahwa " rekor suhu tinggi kemungkinan terjadi di Timur Laut, Atlantik Tengah, dan Dataran Tinggi tengah".

Baca Juga: Trending 1 Twitter, Korea Selatan Alami Hujan Deras Hingga Banjir Bandang Rendam Kota Seoul

Para ilmuwan mengatakan bahwa perubahan iklim meningkatkan kemungkinan sambaran petir di seluruh Amerika Serikat.

Kondisi panas dan lembab di Washington, DC, pada hari Kamis menjadi sumber listrik. Suhu udara mencapai 34 derajat Celcius (94 derajat Fahrenheit) – atau 3C (5F) lebih tinggi dari suhu normal maksimum 30 tahun untuk 4 Agustus, menurut National Weather Service

Lebih banyak panas dapat menarik lebih banyak uap air ke atmosfer, sementara juga mendorong updraft yang cepat – dua faktor kunci untuk partikel bermuatan, yang menyebabkan petir.

Sebuah studi kunci yang dirilis pada tahun 2014 di jurnal Science memperingatkan bahwa jumlah sambaran petir dapat meningkat sebesar 50 persen pada abad ini di Amerika Serikat, dengan setiap pemanasan 1C (1,8F) berarti peningkatan 12 persen dalam jumlah petir. pemogokan.

Alaska yang memanas dengan cepat telah mengalami peningkatan 17 persen dalam aktivitas petir sejak tahun 1980-an yang lebih dingin. Dan di California yang biasanya kering, pengepungan sekitar 14.000 sambaran petir selama Agustus 2020 memicu beberapa kebakaran hutan terbesar yang pernah tercatat di negara bagian itu.

Di luar Amerika Serikat, para peneliti telah melaporkan bukti bahwa sambaran petir juga terjadi di India dan Brasil.

Tetapi bahkan ketika sambaran petir meningkat, tersambar petir masih sangat jarang di AS, kata para ahli.

Sekitar 40 juta sambaran petir mendarat di negara itu setiap tahun, menurut Pusat Pengendalian Penyakit - dengan kemungkinan tersambar kurang dari satu dalam satu juta.

Walikota Washington Muriel Bowser mengaktifkan darurat panas pada hari Jumat, membuka tempat penampungan dan pusat pendinginan bagi penduduk untuk menghindari panas.

"Ingat: Tetap terhidrasi, batasi paparan sinar matahari, dan periksa manula, tetangga, dan hewan peliharaan ," tulisnya di Twitter.

DC Fire dan EMS merilis daftar tips bagi warga untuk melindungi diri dari badai petir , yang juga diperkirakan terjadi pada hari Jumat.

“Jika Anda mendengar guntur, Anda berada dalam jarak sambaran petir. Cari tempat berlindung di dalam rumah, bangunan besar atau kendaraan beratap segera, ”katanya.

Penasihat itu memperingatkan agar tidak berlindung di bawah pohon, menekankan bahwa "tidak ada tempat di luar yang aman selama badai petir."

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...