Timnas Indonesia Raih 435 Mendali Pastikan Juara ASEAN Para Games (APG) 2022

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 10:53 WIB
Potret Timnas Indonesia di ASEAN Para Games 2022 di Solo/CNN Potret Timnas Indonesia di ASEAN Para Games 2022 di Solo/CNN

RIAU24.COM - Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games (APG) 2022 yang digelar di Solo dan berhasil melebihi target medali yang dicanangkan.

Penyelenggaraan ASEAN Para Games di Solo, Jawa Tengah, telah mencapai akhir pertandingan dengan tuan rumah Indonesia dipastikan menjadi juara umum sebagai pengumpul medali terbanyak.

Baca Juga: Mengenal Sambo, Olahraga Bela Diri yang Ditekuni Atlet Legendaris Khabib Nurmagomedov!

Hingga Sabtu (6/8) pukul 08.00 WIB klasemen perolehan medali menunjukkan Indonesia melaju jauh di peringkat teratas dengan total 435 medali dengan rincian 176 medali emas, 147 perak dan 112 perunggu.

Jumlah tersebut jauh di atas tim peringkat kedua, Thailand, yang mengumpulkan total 327 medali dengan rincian 119 medali emas, 115 perak, dan 93 perunggu.

Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia Andi Herman memastikan Indonesia menjadi juara umum APG 2022 yang sejak perolehan medali emas Indonesia baru 151.

“Alhamdulillah sampai malam ini kalau sesuai website Indonesia sudah mendapatkan 151 emas, tapi data riil di lapangan ada 168 emas," kata Andi Herman dikutip dari Antara, Jumat (5/8) malam.

Menurut Andi Herman, perbedaan data tersebut karena masih ada sebagian perolehan medali yang belum diupacarakan sehingga belum tercatat secara resmi dalam laman APG.

Herman juga mengatakan pencapaian Indonesia kali ini jauh melebihi target awal 104 medali emas. Bahkan, ada beberapa cabang olahraga yang mencapai lebih dari 300 persen dari target semula.

Baca Juga: Marc Marquez Bakal Hadir di MotoGP Autria 2022, Benarkah?

Dia menegaskan semua target yang dicanangkan CdM seluruhnya berhasil dicapai kecuali cabang sepak bola cerebral palsy(CP) yang kalah dalam adu penalti melawan Thailand sehingga harus puas dengan medali perak.

“Seluruh target yang dicanangkan CdM semua terpenuhi kecuali satu, yakni sepak bola CP kita kalah adu penalti dengan Thailand. Kami dapat perak, kalau prediksinya emas," kata Andi Herman, dikutip dari CNN. 

(***)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...