Gejala Kolesterol Tinggi, Inilah Tanda yang Menunjukkan Kolesterol Anda Sangat Tinggi

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:32 WIB
Gejala Kolesterol Tinggi, Inilah Tanda yang Menunjukkan Kolesterol Anda Sangat Tinggi Gejala Kolesterol Tinggi, Inilah Tanda yang Menunjukkan Kolesterol Anda Sangat Tinggi

RIAU24.COM - Bila Anda memiliki terlalu banyak zat lemak yang disebut kolesterol LDL dalam darah Anda, Anda memiliki kolesterol tinggi. 

Kolesterol LDL umumnya disebut sebagai kolesterol "jahat" karena dapat menyumbat arteri Anda, meningkatkan risiko penyakit jantung. Sayangnya, proses ini tidak selalu tidak terdeteksi. Kolesterol pada dasarnya tidak berbahaya. Faktanya, tubuh membutuhkannya untuk berfungsi. Sebaliknya, kadar kolesterol yang tinggi secara konsisten dapat menyebabkan komplikasi serius. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, kolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke, dan bertanggung jawab atas 2,6 juta kematian di seluruh dunia.

Baca Juga: Mengulang Sejarah Penaklukan Konstantinopel

Mengurangi asupan lemak dalam makanan membantu dalam pengelolaan kolesterol. Sangat bermanfaat untuk membatasi makanan seperti daging dan keju, produk susu, cokelat, makanan yang dipanggang, makanan yang digoreng, dan makanan olahan. Kolesterol tinggi dikenal sebagai “silent killer” karena jarang menimbulkan gejala.

 Penyakit-penyakit ini berbahaya dan mengancam jiwa, dan mereka harus diawasi secara ketat.

Gejala kolesterol tinggi yang paling terlihat disebabkan oleh penyakit arteri perifer (PAD), di mana timbunan lemak yang terbuat dari kolesterol dan zat limbah lainnya mencegah arteri dan membatasi suplai darah ke otot-otot kaki. Kaki dan lengan, terutama tungkai, terpengaruh dalam kondisi ini, dan orang mengalami rasa sakit saat berjalan atau melakukan aktivitas fisik lainnya. 

Komplikasi ini ditandai dengan "nanah bau" di jari kaki dan tungkai bawah. 

Baca Juga: Militer Rusia Tangkap Ratusan Warga yang Coba Kabur dari Wajib Militer

Kulit di jari kaki atau tungkai bawah menjadi dingin dan mati rasa, berubah menjadi merah dan kemudian hitam, dan/atau bengkak yang menyebabkan nanah berbau, menyebabkan rasa sakit yang parah. 

Kolesterol tinggi terkadang dapat meningkatkan tanda bahaya di awal proses.

Tanda dan gejala lainnya adalah:

  • Rasa sakit terbakar yang parah di kaki dan kaki Anda yang tidak hilang bahkan saat Anda beristirahat
  • Kulit Anda menjadi pucat, berkilau, halus, dan kering.
  • Luka dan borok yang belum sembuh di kaki dan kaki Anda
  • Kehilangan massa otot di kaki Anda.

Sementara kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala atau menunjukkan tanda-tanda, tes darah adalah cara terbaik untuk menentukan kadar Anda. Dokter Anda dapat merekomendasikan tes dan obat-obatan berdasarkan usia, berat badan, dan kondisi mendasar lainnya.

 

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...