Duta Besar Myanmar untuk China Meninggal Secara Tiba-tiba

Senin, 15 Agustus 2022 | 09:55 WIB
Seorang pria berjalan melewati seorang petugas polisi paramiliter yang berjaga di luar kedutaan Myanmar di Beijing, China, pada 8 Agustus 2022. Reuters Seorang pria berjalan melewati seorang petugas polisi paramiliter yang berjaga di luar kedutaan Myanmar di Beijing, China, pada 8 Agustus 2022. Reuters

RIAU24.COM - Duta Besar Myanmar untuk China meninggal mendadak pada Minggu (14 Agustus) di kota Kunming, China barat daya, menurut berita kematian di media pemerintah Myanmar dan sumber diplomatik di Beijing.

Berita kematian Duta Besar U Myo Thant Pe oleh kementerian luar negeri Myanmar di sebuah surat kabar negara pada hari Senin tidak merinci penyebab kematiannya.

Baca Juga: Mengulang Sejarah Penaklukan Konstantinopel

Para diplomat di Beijing dan laporan media Myanmar berbahasa China mengatakan penyebabnya kemungkinan adalah serangan jantung.

U Myo Thant Pe terakhir terlihat pada hari Sabtu bertemu dengan seorang pejabat lokal di provinsi Yunnan, China barat daya yang berbatasan dengan Myanmar, menurut laporan berita lokal.

Kedutaan Myanmar di China tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Baca Juga: Militer Rusia Tangkap Ratusan Warga yang Coba Kabur dari Wajib Militer

U Myo Thant Pe diangkat sebagai duta besar untuk China pada 2019 dan tetap menjabat setelah militer Myanmar mengambil alih kekuasaan dalam kudeta pada Februari 2021.

Dia adalah duta besar keempat yang meninggal di China pada tahun lalu.

Duta Besar Jerman Jan Hecker, 54, meninggal pada bulan September, kurang dari dua minggu setelah ia ditempatkan di Beijing. Duta Besar Ukraina Serhiy Kamyshev, 65, meninggal pada Februari selama atau tak lama setelah kunjungan ke tempat Olimpiade Musim Dingin Beijing. 

Duta Besar Filipina Jose Santiago "Chito" Sta. Romana, 74, meninggal di karantina di provinsi Anhui, China timur pada April.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...