Kabar Gembira, Ilmuwan Temukan Cara 'Sulap' Limbah Elektronik Jadi Emas

Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:26 WIB
Ilustrasi limbah elektronik. Sumber: Internet Ilustrasi limbah elektronik. Sumber: Internet

RIAU24.COM - Para peneliti dari Universitas Tsinghua, Institut Teknologi Lanjutan Shenzhen di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China (Chinese Academy of Sciences/CAS) dan Institut Penelitian Logam di bawah CAS, dan Universitas Manchester, baru-baru ini menemukan cara mengekstrak limbah elektronik menjadi emas.

Mereka melakukannya dengan penggunaan oksida grafena atau graphene dikutip dari okezone.com.

Hasilnya akan dapat mengekstraksi emas dari limbah elektronik secara efisiensi tinggi.

Baca Juga: Pfizer Beli Aplikasi Smartphone yang Bisa Deteksi Covid 19 dari Suara Batuk

Tahukah jika sebagai penghantar listrik yang baik, emas banyak digunakan dalam berbagai produk elektronik, sehingga pemulihan sumber daya emas dari limbah elektronik sangat penting.

Meskipun seperti itu tetap sulit untuk mencapai kapasitas ekstraksi yang tinggi dan pemilihan yang tepat jika emas yang dicampur dengan elemen logam lainnya jumlahnya sedikit.

Tak hanya itu, para peneliti juga mengembangkan sebuah metode adsorpsi emas berdasarkan film atau selaput tipis grafena.

Temuan ini kata mereka cocok untuk produksi skala besar dan dapat secara efisien serta terus menerus memulihkan sumber daya emas dari limbah elektronik.

Baca Juga: Google akan Menghentikan Layanan Streaming Stadia Setelah 3 Tahun Peluncuran

Metode ini menggunakan oksida grafena komersial sebagai bahan baku berbiaya rendah.

Temuan ini dapat memberikan solusi baru untuk pengembangan berkelanjutan dari sumber daya emas dan daur ulang limbah elektronik.

PenulisR24/azhar


Loading...
Loading...