Mahasiswa Kukerta Unri Sosialisasi Stunting di Kelurahan Sungai Piring Inhil

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 18:10 WIB
Mahasiswa Kukerta Unri di Sungai Piring Inhil Mahasiswa Kukerta Unri di Sungai Piring Inhil

RIAU24.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta ) Universitas Riau (Unri) melakukan dan melaksanakan sosialisasi stunting pada anak dan ibu hamil, serta memberikan vitamin A pada anak di kelurahan Sungai Piring, Kecamatan Batang Tuaka, Indragiri Hilir, Kamis (11/08/2022). 

Baca Juga: Mahasiswa KKN Balek Kampung di Rantau Panjang Beri Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Kulit Pisang

Dalam rangka memperingati hari Vitamin A sedunia, Mahasiswa Kukerta bekerja sama dengan puskemas Sungai Piring melaksanakan sosialisasi stunting. 

Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan di pendopo Sungai Piring ini berupa penimbangan berat badan anak, pengukuran berat badan anak, pemberian Vitamin A pada anak dan pemeriksaan ibu hamil. 

"Masih banyak orang tua yang tidak peduli bahkan tidak tahu bagaimana dan apa stunting itu, oleh karena itu kami berinisiatif untuk mengadakan sosialisasi mengenai stunting ini dan pemberian vitamin A agar anak-anak di kelurahan sungai Piring ini tercegah dari stunting. Ayo cegah stunting, kenali penyebabnya," ujar ketua Tim Kukerta Caesare Fathurrahman.

Ada pun materi sosialisasi yang dilakukan tersebut meliputi penyampaian edukasi informasi tentang cara pencegahan sejak dini terhadap stunting, penyebab terjadinya stunting, serta solusi pencegahan dan penanganan agar bayi dan balita terhindar dari stunting.

"Saya baru mengetahui apa itu stunting, syukurlah saya datang hari ini karena sangat banyak ilmu yang saya dapatkan, saya ucapkan terima kasih" kata Ibu Leni salah seorang warga yang datang pada kegiatan ini.

Selain penyampaian materi, mahasiswa Universitas Riau juga membagikan brosur stunting dengan tujuan agar ibu-ibu dapat mencermati kembali apa itu stunting, bagaimana gejalanya dan cara mencegah stunting. 

"Saya sangat mendukung kegiatan ini karena sangat bermanfaat bagi warga sekitar, kemudian harapan saya kedepannya agar warga sekitar lebih peka lagi dan lebih mempertimbangkan apa itu stunting. Demi kesehatan anak dan percepatan penurunan stunting sesuai dengan tema kita pada hari ini," kata Lurah Sungai Piring Asmuri, S.Pd.

“Apa yang telah dilakukan adik-adik mahasiswa KKN, memberikan semangat bagi kami selaku pemerintahan kecamatan di daerah. Dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap masyarakat di Kecamatan Batang Tuaka dapat lebih teredukasi untuk mencegah kasus stunting pada bayi dan anak,” Ujar Camat Batang Tuaka, Rahelmi, S.Pd.,M.Si.

Baca Juga: Semarak HUT RI Ke -77, Lomba Menghias Kampung Merah Putih RW 11 Limbungan Baru Rumbai Perebutkan Piala Ketua Karang Taruna Riau

Mahasiswa yang tergabung dalam Tim Kukerta Balek Kampung Sungai Piring UNRI 2022 yaitu Caesare Fathurrahman, Riski Febriandi Putra, Ririn Oktavia, Farah Fadhilah Mappile, Asgiatul Yusra, Fani Lusina, Fayza Marbella, Monalisa Putri. Yn, dan di bawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Asyrul Fikri, S.Pd, M.P.d. 

PenulisR24/wira


Loading...
Loading...