Chile Kalah Banding Dengan FIFA Dalam Kasus Piala Dunia Dengan Ekuador

Sabtu, 17 September 2022 | 08:48 WIB
Chile Kalah Banding Dengan FIFA Dalam Kasus Piala Dunia Dengan Ekuador Chile Kalah Banding Dengan FIFA Dalam Kasus Piala Dunia Dengan Ekuador

RIAU24.COM - Chili telah kehilangan daya tariknya ke badan pengatur dunia yang menantang tempat Ekuador di Piala Dunia sepak bola mendatang di Qatar.

FIFA pada hari Jumat menepis argumen Chili bahwa pemain Ekuador Byron Castillo sebenarnya Kolombia dan tidak memenuhi syarat untuk bermain di pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Castillo bermain di delapan kualifikasi untuk Ekuador.

Organisasi itu mengatakan hakim bandingnya "menganggap bahwa berdasarkan dokumen yang disajikan, pemain itu dianggap memiliki kewarganegaraan Ekuador permanen sesuai" dengan undang-undang hukum sepak bola.

Putusan itu, yang menjunjung tinggi keputusan disiplin FIFA mulai Juni, telah membuat Chili keluar dari turnamen dan Ekuador di jalur untuk menghadapi Qatar dalam pertandingan pembukaan Piala Dunia di Doha pada 20 November.

Namun, tantangan hukum Chili dapat berlanjut.

Federasi sepak bola Chili sekarang dapat mengajukan banding atas putusan FIFA ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) di Lausanne, Swiss. CAS, pengadilan tertinggi olahraga, dapat mengatur sidang darurat dan memberikan keputusan dalam sembilan minggu tersisa sampai Piala Dunia dimulai.

Baca Juga: Rumor Raja Charles III Berencana Mengasingkan Pangeran Harry

Chili mengklaim memiliki bukti yang membuktikan bahwa Castillo adalah orang Kolombia dan seharusnya tidak pernah bermain untuk Ekuador.

Chili mempersiapkan kasusnya setelah pengundian Piala Dunia dilakukan pada 1 April, dan setelah penyelenggara FIFA dan Qatar menjual ribuan tiket dan kamar akomodasi kepada penggemar Ekuador.

Seandainya Ekuador kehilangan semua delapan pertandingan yang dimainkan Castillo, Chili akan naik ke tempat kualifikasi otomatis keempat di grup kualifikasi Amerika Selatan. Ekuador akan keluar dari pertarungan.

Statuta hukum FIFA mencakup bagian tentang kelayakan tim nasional ketika pemerintah negara bagian telah memberikan kewarganegaraan kepada pemain.

“Setiap orang yang memegang kewarganegaraan permanen yang tidak bergantung pada tempat tinggal di negara tertentu berhak bermain untuk tim perwakilan dari asosiasi negara itu,” menurut undang-undang.

Baca Juga: Sertifikat Kematian Ratu Elizabeth II Diterbitkan, Ungkap Penyebab dan Waktu Meninggal

Komite banding FIFA jarang membatalkan keputusan komite disiplin badan sepak bola. Chile telah mengajukan keluhan terhadap pemain lawan dalam program kualifikasi Piala Dunia berturut-turut.  ***

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...