Sekda Arfan Berharap Komoditas Sorgum Bisa Berkembang di Kabupaten Siak

Senin, 19 September 2022 | 11:55 WIB
Sekda di Bimtek pengembangan Sorgum Sekda di Bimtek pengembangan Sorgum

RIAU24.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman, buka secara langsung Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Pengembangan Sorgum Terstandar di Provinsi Riau tahun 2022. 

Baca Juga: Wabup Husni Temui Para Lansia Belajar Tulis dan Baca

Bimtek tersebut di taja oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Riau, yang dilaksanakan di Desa Langsat Permai, Kecamatan Bungaraya.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Riau Shannora Yuliasari, mengatakan untuk menghadapi krisis Komuditas pangan yang sedang melanda dunia, komoditas Sorgum bisa menjadi alternatif untuk komoditas pangan. 

"Sorgum merupakan salah satu komoditas alternatif potensial yang berpotensi untuk di kembangkan di Provinsi Riau, yang bisa tumbuh sesuai dengan iklim dan kondisi tanah di Riau", jelas Shannora Yuliasari. 

Untuk mendukung dan mendampingi program Strategis Kementerian Pertanian dan juga Program Strategis Nasional, BPTP Provinsi Riau melaksanakan Bimtek Penguatan Pengembangan Sorgum Terstandar di Provinsi Riau, guna mengembangkan Komuditas Sorgum di Provinsi Riau. 

"Untuk pelaksanaan Bimtek ini, BPTP akan melaksanakan di 4 lokasi di Provinsi Riau, 2 diantaranya berada di Kabupaten Siak, yakni di Kecamatan Bungaraya dan Kecamatan Sungai Mandau. Dan 2 lokasi lainnya direncanakan berada di Kabupaten Kampar dan Kabupaten Rokan Hulu", ucap Kepala BPTP Provinsi Riau. 

Diawal tahun 2022, BPTP Provinsi Riau juga telah melaksanakan kegiatan pengembangan pembenihan Sorgum dilahan percobaan yang ada di Kubang, dan sudah melaksanakan panen perdana. 

"Alhamdulillah, pada panen perdana tersebut, benih hasil panen juga telah dimanfaatkan oleh patani yakni Gapoktan Usaha Makmur yang berada di Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak", kata 

Pada Bimtek ini, sambungnya, BPTP Provinsi Riau juga akan memberikan bantuan berupa Benih Sorgum sebanyak 10 Kg, kepada petani yang bersedia dan mampu untuk mengembangkan Sorgum di Kecamatan Bungaraya, yang akan ditanam untuk lahan seluas 2 hektare. 

"Mudah-mudahan dari benih 10 Kg ini, nantinya akan bisa menghasilkan 5 Ton / Hektare, sehingga nantinya akan menghasilkan 10 ton benih untuk petani di Kabupaten Siak", harap Kepala BPTP Provinsi Riau. 

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman terlebih dahulu menyampaikan salam dari bapak Bupati Siak yang tidak bisa hadir bersama disini. 

"Sebelumnya, saya menyampaikan salam dari bapak Bupati Siak, yang tidak bisa hadir bersama disini. Dengan adanya kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, Bapak Bupati Siak memerintahkan saya untuk hadir disini, untuk membuka Bimtek Penguatan Pengembangan Sorgum Terstandar di Provinsi Riau", ucap Arfan. 

Sekda Siak Arfan Usman juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Riau, yang telah menunjuk 2 Kecamatan, dari 4 Kecamatan di Provinsi Riau sebagai tempat Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Pengembangan Sorgum Terstandar di Provinsi Riau.

"Alhamdulillah, 2 Kecamatan di Kabupaten Siak yakni Kecamatan Bungaraya dan Kecamatan Sungai Mandau, dipilih sebagai tempat Bimtek Penguatan Pengembangan Sorgum Terstandar di Provinsi Riau. Dengan tujuan nantinya bisa mengembangkan Sorgum di Kecamatan Bungaraya khususnya dan di Kabupaten Siak", kata Arfan. 

Dengan adanya kegiatan Bimtek Penguatan Pengembangan Sorgum Terstandar di Provinsi Riau di Kecamatan Bungaraya ini, Arfan berharap agar berjalan lancar dan benar - benar bermanfaat bagi petani, dan juga peserta yang mengikutinya. 

"Semoga pengembangan Sorgum di Kabupaten Siak ini, benar-benar akan membantu ekonomi para petani yang mengembangkan untuk kedepannya, bukan hanya seremonial belaka. Karena pengembangan Sorgum ini merupakan program dari BPTP Provinsi Riau, untuk mendukung program prioritas Kementerian Pertanian dan Juga program Prioritas Nasional, guna menghadapi Krisis Komuditas Pangan yang sedang melanda", harap Sekda Siak tersebut. 

Arfan juga berharap, dengan adanya Program Pengembangan Sorgum di Kecamatan Bungaraya dan Kecamatan Sungai Mandau, agar tidak mengganggu Program - Program yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Siak sebelumnya. 

"Karena Pemerintah Kabupaten Siak jauh-jauh hari sudah memprogramkan untuk di Kecamatan Bungaraya dan Kecamatan Sungai Mandau, sebagai wilayah persawahan. Oleh karena itu, saya sangat berharap agar Program tersebut tetap berjalan lancar, dan juga mari kita dukung Program Pengembangan Sorgum dari BPTP Provinsi Riau", harap Arfan.

Baca Juga: Wabup Husni Temui Para Lansia Belajar Tulis dan Baca

Dalam kesempatan ini, Sekda Siak Arfan Usman dan juga Kepala Kepala BPTP Provinsi Riau Shannora Yuliasari, menyerahkan bantuan benih untuk para petani di Kampung Langsat Permai.(Lin)

PenulisR24/lin


Loading...

Terpopuler

Loading...