Berikut Penyampaian Staf Ahli Bupati Bengkalis Saat Membuka Seminar Nasional Digital Transisi

Senin, 19 September 2022 | 13:32 WIB
Pembukaan seminar Pembukaan seminar

RIAU24.COM -BENGKALIS - Agar mampu bersaing di pasar global dengan mayoritas penduduk muslim, Pemerintah Kabupaten Bengkalis perlu memasang target khusus, tidak hanya sebagai konsumen dari produk halal, akan tetapi juga mampu menjadi produsen produk halal.

Makanya, agar produk halal kita mampu bersaing, kita tidak bisa lagi menggunakan metode yang konservatif, akan tetapi harus bisa memanfaatkan teknologi dan digitalisasi. Paling tidak dengan menerapkan pembayaran syariah secara digital.

Baca Juga: Anggota DPRD Bengkalis Hadiri Pelantikan Pengurus IKA-ROHIL

Demikian disampaikan Bupati Bengkalis melalui Asisten Administrasi Umum Kabupaten Bengkalis Aulia saat membuka Seminar Nasional dengan tema peran digital transaksi dalam meningkatkan industri halal di Kabupaten Bengkalis, Senin 19 September 2022 di Aula STIE Syariah Bengkalis.

Sebagaimana kita ketahui kata Aulia, industri halal telahpun menjadi trend dunia saat ini, hal ini terbukti dari prospek industri halal yang terus tumbuh dari tahun ke tahun yang mengakibatkan besarnya peluang konsumen dalam industri halal tiap tahunnya. Oleh sebab itu, prospek dan potensi besar ini harus dikembangkan di Indonesia khususnya di Kabupaten Bengkalis.

"Hal ini tentunya menjadi sebuah tantangan, baik bagi kami pemerintah daerah, pelaku ekonomi, pelaku pariwisata, pelaku usaha maupun dunia pendidikan. Untuk kita bisa mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi syariah dengan melakukan penguatan UMKM industri halal melalui penggunaan teknologi digital, meningkatkan kualitas sumber daya manusia berbasis ekonomi dan keuangan syariah serta meningkatkan literasi masyarakat terhadap produk halal," jelas Aulia.

Baca Juga: PC IAI Kabupaten Bengkalis Gelar Kampanye Kesehatan Sempena Word Pharmacists

Kemudian, peran strategis STIE Syari’ah Bengkalis, sebagai salah satu perguruan tinggi yang unggul dalam bidang ekonomi syari’ah, hendaknya lebih maksimal, guna memajukan sektor industri produk halal ini, dengan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas dan ahli dibidangnya, serta dapat menjadi pionir dalam inovasi dan riset produk halal bagi UMKM.

 

PenulisR24/hari


Loading...
Loading...