PC IAI Kabupaten Bengkalis Gelar Kampanye Kesehatan Sempena Word Pharmacists

Senin, 26 September 2022 | 12:27 WIB
Word Pharmacits Word Pharmacits

RIAU24.COM -BENGKALIS - Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (PC IAI) Kabupaten Bengkalis menggelar kegiatan kampanye kesehatan atau Raising Community Awareness (RCA) sempena memperingati World Pharmacists Day (Hari Apoteker Sedunia). Kegiatan dilaksanakan di Bengkalis dan Mandau, Minggu 25 September 2022 kemarin.

Di Bengkalis, kegiatan kampanye kesehatan dipusatkan di Lapangan Tugu Bengkalis sedangkan di Mandau, kegiatan dipusatkan di Mandau City Mall. 

Dalam kegiatan yang bertemakan “Apoteker bersatu dalam aksi menuju dunia yang lebih sehat” ini, beberapa kegiatan yang dilaksanakan adalah senam sehat, kemudian edukasi DAGUSIBU, pengecekan tensi, pengecekan gula, saturasi, tinggi badan dan berat badan secara gratis.

Baca Juga: Pemkab Bengkalis Gelar Apel Hari Guru Nasional ke 77

Pantauan di Lapangan Tugu Bengkalis, aksi Raising Community Awareness ini mendapat sambutan positif dari masyarakat. Walau sebelumnya Bengkalis diguyur hujan, namun banyak masyarakat yang datang untuk ikut meramaikan.

"Mumpung bisa cek gratis, lagipun ini kan untuk kesehatan kita juga,” ujar salah seorang warga Bengkalis Yanti.

Untuk pengecekan kadar gula darah, menurut informasi dari panitia, masyarakat yang ikut serta sekitar 100 orang. Hal ini seiring dengan prioritas tahun 2022 yang mengangkat kesadaran terhadap penyakit diabetes.

Baca Juga: Asisten Pemerintahan Pemkab Bengkalis Ikuti Secara Virtual Rapurna TMMD ke 43

Sementara, Ketua PC IAI Kabupaten Bengkalis, Dolpin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang turut membantu terlaksananya kegiatan ini, diantaranya DPP dr. Nuri, Instuktur Senam Hj Wan Syafrida dan seluruh panitia pelaksana.

Dolpin mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat lebih menyadari pentingnya pemahaman tentang keamanan penggunaan obat. Terkait dengan keamanan penggunaan obat ini, ada yang namanya DAGUSIBU yaitu sebuah singkatan dari dapatkan, gunakan, simpan, buang yang ditujukan agar masyarakat lebih paham mengenai obat. 

"Maka untuk keamanan dalam penggunaan obat, masyarakat harus memahami mulai dari bagaimana cara mendapatkan, mengGUnakan, SImpan, dan memBUang obat,”pungkasnya.

 

PenulisR24/hari


Loading...
Loading...