Lima Orang Tewas Saat Topan Noru Melanda Filipina Utara

Senin, 26 September 2022 | 15:46 WIB
Lima Orang Tewas Saat Topan Noru Melanda Filipina Utara Lima Orang Tewas Saat Topan Noru Melanda Filipina Utara

RIAU24.COM - Filipina telah mulai membersihkan setelah Topan Noru menyapu bagian utara negara itu, menyebabkan lima penyelamat tewas, banjir dan pemadaman listrik tetapi meninggalkan ibukota relatif tanpa cedera. Noru, dengan kecepatan angin 185 kilometer (115 mil) per jam, adalah topan paling kuat yang melanda negara Asia Tenggara tahun ini.

Badai menghantam pantai sebelum malam tiba pada hari Minggu di kota Burdeos di provinsi Quezon dan melemah saat melintasi wilayah utama Luzon semalam, mendorong pihak berwenang untuk menutup sekolah, kantor pemerintah dan pasar saham.

Baca Juga: Studi: Perubahan Iklim Sebabkan Berton-ton Bakteri Beku Memasuki Air Laut

Ribuan orang dipindahkan ke tempat penampungan darurat, pejabat.

Gubernur Daniel Fernando dari provinsi Bulacan, utara Manila, mengatakan lima penyelamat, yang menggunakan perahu untuk membantu warga yang terjebak dalam air banjir, tertimpa tembok yang runtuh dan kemudian tampaknya tenggelam di perairan yang mengamuk.

“Mereka adalah pahlawan hidup yang membantu menyelamatkan nyawa warga negara kita di tengah bencana ini,” kata Fernando kepada jaringan radio DZMM. “Ini benar-benar sangat menyedihkan.”

Di pulau Polillo di timur laut provinsi Quezon, seorang pria terluka setelah jatuh dari atap rumahnya, kata para pejabat.

Baca Juga: Aktor 'Squid Game' O Yeong-su Didakwa Atas Pelanggaran Seksual

Lebih dari 17.000 orang dipindahkan ke tempat penampungan darurat dari komunitas berisiko tinggi yang rentan terhadap gelombang pasang, banjir dan tanah longsor di Quezon saja, kata para pejabat.

Di Metropolitan Manila, lebih dari 3.000 orang dievakuasi ke tempat yang aman.

Barnaby Lo dari Al Jazeera, yang mengunjungi satu komunitas di ibu kota, mengatakan warga sedang membersihkan setelah air pada satu titik naik setinggi kepala. Dia mengatakan bahwa setidaknya di Manila efeknya tidak seburuk yang diharapkan.

"Ibukota sebagian besar terhindar," katanya, mencatat bahwa matahari keluar dan langit cerah.

Bantuan dikerahkan

Seluruh provinsi utara Aurora dan Nueva Ecija, yang dilanda topan, tetap tanpa listrik pada hari Senin karena penyedia bekerja untuk memulihkan pasokan listrik.

Dalam pertemuan yang disiarkan televisi untuk menilai kerusakan dan mengoordinasikan respons bencana, Presiden Ferdinand Marcos Jr memerintahkan pengiriman pasokan melalui udara ke daerah-daerah yang paling parah terkena dampak, bersama dengan peralatan pembersihan.

“Titik di mana kita bisa mundur adalah ketika mayoritas pengungsi sudah kembali ke rumah,” kata Marcos Jr.

Dia mengatakan evakuasi mungkin telah mencegah sejumlah besar korban.

Noru menjalani "intensifikasi eksplosif" di atas Samudra Pasifik sebelum menghantam Filipina, Vicente Malano, yang mengepalai badan cuaca negara itu, mengatakan kepada kantor berita The Associated Press pada hari Minggu.

Pada Senin pagi, Noru telah menahan angin dengan kecepatan 140 kilometer (87 mil) per jam, dan hembusan 170km (105 mil) per jam dan bergerak ke barat ke Laut Cina Selatan, menurut badan cuaca.

Sekitar 20 badai dan topan melanda Filipina, negara kepulauan dengan lebih dari 7.600 pulau, setiap tahun.

Desember lalu, sekitar 400 orang tewas akibat Topan Rai, yang menurut Palang Merah setempat menghancurkan atau merusak sekitar 1,5 juta rumah .

Pada tahun 2013, Topan Haiyan, salah satu siklon tropis paling kuat yang pernah tercatat, menyebabkan hampir 8.000 orang tewas atau hilang , Seluruh desa diratakan dan kapal-kapal menyapu daratan saat badai menyapu Filipina selatan.  ***

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...