IOC: Atlet Rusia yang Tidak Mendukung Invasi ke Ukraina Dibolehkan Ikut Serta dalam Kompetisi

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 12:50 WIB
IOC pertimbangkan atlet Rusia yang tidak mendukung invasi ke Ukraina diperbolehkan ikut berkompetisi /Reuters IOC pertimbangkan atlet Rusia yang tidak mendukung invasi ke Ukraina diperbolehkan ikut berkompetisi /Reuters

RIAU24.COM - Menurut Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach pada hari Jumat, IOC sedang berpikir untuk mengizinkan atlet Rusia yang menentang invasi negara mereka ke Ukraina untuk berkompetisi lagi.

Baca Juga: Kabar Internasional: Gelombang Dingin di Xinjiang Telah Menewaskan Tujuh Orang 

Pada bulan Februari, IOC menginstruksikan organisasi pengatur olahraga untuk mengecualikan pesaing Rusia dan Belarusia dari berkompetisi.

Invasi Rusia, yang disebut Moskow sebagai operasi militer khusus, dipentaskan di Belarus.

"Ini bukan tentang harus memiliki Rusia kembali. Ini tentang memiliki atlet dengan paspor Rusia yang tidak mendukung perang kembali dalam kompetisi," kata Bach kepada surat kabar Italia Corriere Della Sera.

"Inilah dilema kami - perang ini belum dimulai oleh para atlet Rusia. Tetapi kami melihat bahwa beberapa pemerintah tidak ingin menghormati lagi otonomi olahraga internasional. Inilah sebabnya mengapa kami harus mengambil langkah-langkah perlindungan ini untuk setidaknya masih sedikit di kursi pengemudi dan tidak kehilangan semua otonomi. Dan inilah sebabnya, di sisi lain, kita juga harus melihat, dan mempelajari, untuk memantau, bagaimana dan kapan kita dapat kembali untuk menyelesaikan misi kita untuk memiliki semua orang kembali lagi, di bawah format apa pun," tambahnya.

Baca Juga: Sssttt! China Diam-diam Lakukan Hal Tak Terduga Ini Pada Rusia

Jerman menekankan bahwa saran yang ada untuk atlet Rusia tetap valid, tetapi dia juga mengatakan bahwa IOC perlu mempertimbangkan masa depan.

Kompetisi kualifikasi Olimpiade untuk Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris telah dimulai.

"Tidak ada perubahan dalam rekomendasi. Kami sangat berterima kasih kepada Federasi Internasional bahwa mereka mengikuti mereka," tambah Bach.

"Gerakan Olimpiade memiliki misi untuk berkontribusi pada perdamaian, jadi kita harus melihat bagaimana kita dapat berkontribusi pada perdamaian. Saya pikir kontribusi utama kami adalah memiliki Olimpiade dan memiliki olahraga secara umum, sebagai sesuatu yang masih menyatukan orang dan kemanusiaan," lanjutnya.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...