Bunda Rasidah: PAUD Berkualitas Turunkan Angka Stunting

Minggu, 16 Oktober 2022 | 23:26 WIB
Bunda PAUD Kabupaten Siak Rasidah Alfedri, mengunjungi TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bunda PAUD Kabupaten Siak Rasidah Alfedri, mengunjungi TK Aisyiyah Bustanul Athfal

RIAU24.COM - Bunda PAUD Kabupaten Siak Rasidah Alfedri, mengunjungi TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) di Kampung Langkai kecamatan Siak. Pagi itu, dirinya ditemani Ketua Pokja Bunda PAUD beserta Pengurus dan narasumber yang disambut oleh anak-anak PAUD berpakaian adat.

Baca Juga: Siak Terima Penghargaan dalam Penggunaan Energi Terbarukan

Rasidah datang untuk bersilaturahmi dengan Kepala Sekolah PAUD se-kecamatan Siak sekaligus menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Pendidik PAUD, pada Lembaga PAUD Binaan Dalam Layanan PAUD Holistik Integratif  (HI).  Sebelumnya, kegiatan ini sudah berlangsung di kecamatan Pusako dan Koto Gasib. 

Kata dia, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik PAUD dalam memenuhi kebutuhan esensial anak meliputi kesehatan, gizi, pendidikan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan melalui Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI).

Menurutnya, PAUD merupakan forum yang penting untuk memberikan edukasi tentang pola makan, pola asuh, dan pola sanitasi kepada orang tua terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan. Kemudian, PAUD juga penting untuk memberikan stimulasi bagi perkembangan kognitif dan tumbuh kembang anak.

“Program PAUD HI ini sangat strategis dalam rangka mengurangi dan melakukan pencegahan penurunan angka stunting, karena di tempat ini bisa dijadikan forum untuk memberikan edukasi kepada orangtua bagaimana pola asuh, pola makan dan sanitasi yang baik bagi anak-anak,” jelas Rasidah.

Lanjutnya, untuk menyediakan layanan PAUD berkualitas, tentunya Bunda PAUD Kabupaten harus ditopang oleh Bunda PAUD ditingkat Kecamatan dan Kampung, sehingga dipandang perlu untuk mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pendidik PAUD seperti yang diselenggarakan saat ini.

“Keberadaan dan peran Bunda PAUD sangatlah penting, untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada, membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan, mendorong layanan PAUD yang berkualitas, bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat, agar penyediaan layanan PAUD yang berkualitas,” terang Rasidah.

Istri Bupati Alfedri ini menyampaikan, keterbatasan dana di tahun ini hanya 4 kecamatan yang dikunjungi. Dirinya berharap tahun depan bantuannya lebih banyka, sehingga bisa turun di 14 kecamatan.

Tampak antusias peserta yang hadir mendengarkan pemaparan yang disampaikan oleh narasumber Zulfitri. Berbagai masukan dan pertanyaan disampaikan peserta kemudin dibahas bersama-sama.  

Ditempat terpisah, anak-anak Paud atau peserta didik diberikan edukasi lewat dongeng, yang disampaikan oleh pendongen asal Perawang “Kak Joe”. Mendongeng merupakan salah satu media yang efektif untuk menumbuhkan karakter anak sejak usia dini. 

“Mendongeng dapat dijadikan media untuk mendidik anak tanpa harus menggurui. Di dalam dongeng biasanya memuat cerita yang sarat akan pesan-pesan moral,” kata Kak Joe.

Anak-anak kelihatan semangat dan bergembira. Mereka dapat hadiah dari Bunda PAUD, syaratnya harus menjawab pertanyaan dengan benar.

Baca Juga: Produsen Kendaraan Udara Elektrik Indonesia Tertarik Investasi di Kawasan Industri Tanjung Buton
 
Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pendidik PAUD ini terselenggara atas Kerjasama Bunda PAUD Kabupaten Siak dengan PT Bumi Siak Pusako. Ada empat kecamatan yang dikunjungi, antara lain kecamatan Pusako, Koto Gasib, Siak dan Sabak Auh.(Lin)

PenulisR24/lin


Loading...

Terpopuler

Loading...