Masyarakat Rayakan Kemenangan Arab Saudi Atas Argentina, Raja Salman Umumkan Hari Libur 

Rabu, 23 November 2022 | 10:19 WIB
Potret Masyarakat Arab Saudi Lakukan Celebration atas Kemenangan Timnas Mereka Melawan Big Three Argentina. (The San Diego Union/Foto) Potret Masyarakat Arab Saudi Lakukan Celebration atas Kemenangan Timnas Mereka Melawan Big Three Argentina. (The San Diego Union/Foto)

RIAU24.COM - Negara-negara Arab berbahagia untuk merayakan kemenangan Arab Saudi yang berjulukan "Elang Hijau" atas Argentina di babak penyisihan Piala Dunia 2022 Grup C di Qatar, Selasa (22/11/2022).

Dari Suriah hingga Yordania. Dari Gaza hingga Qatar, dunia Arab bersatu merayakan pencapaian besar ini bagi bangsa Arab Saudi.

Baca Juga: Pesepakbola Maroko Hakimi: Dari Momen Sulit Menjadi Bintang
 

Tak lama setelah peluit tanda pertandingan berakhir ditiupkan, penggemar sepak bola asal Arab Saudi langsung membanjiri jalan-jalan di luar Stadion Lusail, Qatar.

Mereka mengibarkan bendera Arab Saudi yang berwarna hijau dan putih sambil bernyanyi.

Bahkan mereka memeluk pendukung tim Argentina yang kecewa karena kekalahan timnya.

“Saya terdiam,” kata penggemar Arab Saudi Sultan Alharthi.

“Saya bahkan tidak bisa menjelaskan betapa bahagianya saya, karena saya tidak menyangka kami akan menang,” ujarnya seperti dikutip dari The Associated Press.

Emir Qatar yang berkuasa, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, menghadiri pertandingan tersebut.

Pada suatu titik dia terlihat mengibarkan bendera Arab Saudi di pundaknya.

Momen tersebut terekam dalam video online dan tersebar secara luas.

Peristiwa ini tidak terpikirkan akan terjadi dua tahun lalu, ketika terjadi ketegangan politik antara Arab Saudi dan Qatar.

Raja Salman Umumkan Hari Libur Nasional 

Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud langsung mengumumkan Rabu (23/11/2022) sebagai hari libur nasional di Arab Saudi.

Keputusan tersebut diambil usai Timnas Arab Saudi berhasil mengalahkan Argentina di matchday perdana Grup C Piala Dunia 2022 Qatar, Selasa (22/11/2022) di Stadion Lusail.

The Eagles berhasil menekuk Lionel Messi dan kawan-kawan dengan skor 2-1.

Sempat tertinggal oleh gol penalti Lionel Messi pada menit 10, Arab Saudi arahan Herve Renard tampil trengginas pada paruh kedua pertandingan.

Melansir laporan Arabnews, Raja Salman menerima saran Putra Mahkota Muhammed bin Salman untuk merayakan kemenangan Green Falcons dengan hari libur nasional.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Maroko Cetak Sejarah, Walid Regragui Sebut Dukungan Datang dari Afrika dan Arab  

Seluruh pekerja sektor publik maupun swasta akan mendapatkan jatah libur, tak terkecuali dengan para pelajar di Arab Saudi.

Bahkan, Kementerian Pendidikan Kerajaan mengatakan setiap ujian yang dijadwalkan pada hari Rabu (23/11) akan ditunda hingga 7 Desember.

Bursa Efek Saudi Tadawul juga mengumumkan akan menangguhkan perdagangan pada hari Rabu (23/11) dan melanjutkan pada hari Kamis (24/11) sehubungan dengan hari libur nasional.

"Kenangan Hari Nasional kita mengungkapkan kebanggaan akan kejayaan tanah air, dan kebanggaan akan status dan persatuannya di antara bangsa-bangsa yang menjadi fondasi bangunan tinggi ini," tulis Raja Salman di akun Twitter resminya.

"Ya Tuhan, lindungi negara kami untuk kami, dan jaga agar tetap aman dan stabil." lanjut cuitan tersebut. 

(***)

PenulisR24/zura


Loading...

Terpopuler

Loading...