Piala Dunia 2022: Negara-negara Arab Berpesta Rayakan Kemenangan Saudi Atas Argentina, Termasuk Palestina

Rabu, 23 November 2022 | 10:23 WIB
Negara-negara Arab berpesta rayakan kemenangan Saudi atas Argentina di Piala Dunia 2022 Qatar /Reuters Negara-negara Arab berpesta rayakan kemenangan Saudi atas Argentina di Piala Dunia 2022 Qatar /Reuters

RIAU24.COM - Kemenangan Arab Saudi melawan Argentina di penyisihan Grup C Piala Dunia 2022 Qatar membuat pemerintah negara Timur Tengah itu langsung mengumumkan libur nasional untuk merayakan momen bersejarah tersebut.

Baca Juga: Hadapi Peringkat 1 Dunia, Gregoria Perjuangkan Tiket ke Semifinal BWF Finals 2022 untuk Indonesia 

Hal tersebut tidak ketinggalan dengan negara-negara Arab lainnya.

Dari Suriah dan Yordania hingga Gaza dan Qatar yang jadi tuan rumah Piala Dunia tahun ini, para penggemar menikmati pencapaian Arab Saudi.

Kemenangan Saudi jelas menjadi salah satu kejutan terbesar dalam sejarah turnamen dunia itu.

Segera setelah kemenangan 2-1 tim mereka, penggemar Saudi yang menyaksikan pertandingan secara langsung membanjiri jalan-jalan di luar Stadion Lusail, mengibarkan bendera hijau dan putih negara mereka sambil bernyanyi dan bernyanyi.Mereka bahkan memeluk penggemar Argentina yang putus asa.

“Saya tidak bisa berkata-kata,” ujar penggemar Arab Saudi, Sultan Alharthi.

“Saya bahkan tidak bisa menjelaskan betapa bahagianya saya, karena saya tidak menyangka kami akan menang,” tambahnya.

Emir Qatar yang berkuasa, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, menghadiri pertandingan tersebut, dan pada satu titik mengibarkan bendera Saudi di pundaknya.

Momen tersebut, terekam dalam video online dan dibagikan secara luas. Momen itu jelas tidak terpikirkan hampir dua tahun lalu ketika Arab Saudi dan tiga negara Arab lainnya memboikot Qatar karena perselisihan politik.

Di Suriah barat laut yang jadi basis pemberontak, penduduk berkumpul di kafe-kafe bersorak dan merayakan kemenangan Saudi setelah peluit akhir. Itu adalah perubahan yang menyenangkan untuk daerah kantong, di mana jutaan orang menderita karena seringnya serangan udara dan kemiskinan akut.

Di kota Idlib, Ahmad Al-Absi mengatakan kemenangan Arab Saudi adalah dorongan moral yang sangat dibutuhkan bagi warga Suriah dan Arab di seluruh Timur Tengah, bahkan jika itu berarti melihat tim sepak bola favoritnya kalah.

“Ini menunjukkan bahwa kami memiliki orang-orang berbakat yang dapat mencapai banyak hal di panggung global,” ujar Al-Absi, seorang penggemar tim Argentina, kepada The Associated Press.

“Kami memimpikan masa depan yang lebih baik sebagai orang Arab, dan dorongan moral ini mengingatkan kami bahwa tidak ada yang mustahil,” papar dia.

Di jalan-jalan Amman, Yordania, puluhan warga negara Saudi dan Yordania merayakan di jalan-jalan, membawa bendera Saudi atau menempatkannya di mobil mereka dan membunyikan klakson.

Dan di Gaza, warga Palestina bergembira, mengatakan mereka berdiri bersama Arab Saudi di momen kejayaan sepak bola.

“Mereka mendukung kami secara politik dan sosial, jadi perayaan ini semacam timbal balik,” ungkap warga Gaza Abu Khalil.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Pelatih Brasil Tite Sebut Masih Meragukan Bek Alex Sandro untuk Bentrokan di Perempat Final

Di Arab Saudi, Raja Salman mengumumkan libur nasional untuk semua pekerja dan pelajar di kerajaan itu demi merayakan kemenangan tersebut.

Orang-orang yang menonton pertandingan di zona penggemar di ibu kota, Riyadh, melompat kegirangan dan bersorak saat pertandingan berakhir.

Para pengemudi membunyikan klakson sebagai tanda perayaan. Otoritas Saudi juga mengizinkan masuk gratis ke festival olahraga dan hiburan yang disponsori negara.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...